Jakarta (ANTARA) - Garda Pemuda (GP) NasDem DKI gencar menggelar donor darah konvalesen karena persediaan menipis untuk membantu meningkatkan antibodi bagi pasien COVID-19.

Ketua DPW GP NasDem DKI Jakarta, Nova Harivan Paloh mengatakan, kegiatan donor darah biasa dan plasma konvalesen ini digelar di Pondok Kelapa Duren Sawit, Jakarta Timur pada 13-14 Agustus 2021.

"Kegiatan ini digelar sekaligus dalam rangka memperingati HUT ke-76 Kemerdekaan RI," kata Nova melalui keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Wakil Ketua Fraksi NasDem DPRD DKI Jakarta itu menuturkan kasus positif COVID-19 yang meningkat berimbas terhadap permintaan tinggi terhadap plasma konvalesen di Jakarta dan wilayah lainnya.

Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Garda Pemuda NasDem Prananda Surya Paloh menginstruksikan kepada seluruh kader di Indonesia agar menggelar aksi donor darah dan donor plasma konvalesen.

Gerakan sosial GP NasDem yang kemudian bernama Pemuda Siaga Pandemi Bersama Donor Plasma (PSP Berderma) ini telah dimulai sejak 17 Juli 2021 dan dijadwalkan berlangsung hingga 18 Agustus 2021.

Baca juga: NasDem sasar 11.085 warga DKI Jakarta ikut vaksin massal
Baca juga: NasDem kerahkan 20 ambulans untuk bantu penanganan COVID-19 di DKI
Armada ambulans dan mobil jenazah sebanyak 20 unit bantuan dari Partai NasDem yang dipinjamkan kepada pemerintah daerah di DKI Jakarta untuk membantu penanganan COVID-19 di Jakarta Utara, Kamis (8/7/2021). (ANTARA/HO-DPP Partai NasDem)
Menurut Prananda, kebutuhan plasma konvalesen di Indonesia sangat tinggi karena masyarakat yang terpapar dan meninggal akibat COVID-19 juga masih tinggi.

PSP Berderma telah digelar sejumlah provinsi, seperti di Aceh, Sumatera Utara, Jawa Barat, Jawa Tengah, Bali, Nusa Tenggara Timur dan DKI Jakarta.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengapresiasi gerakan donor darah biasa dan konvalesen yang dilakukan GP NasDem DKI karena sebagai bentuk pengabdian dan pelayanan kepada masyarakat terutama pasien COVID-19.

"Saya ingin mendorong masyarakat agar bisa mendonorkan darah dan plasma konvalesen bagi masyarakat lainnya yang tengah membutuhkan sekali," kata Riza didampingi Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar saat meninjau donor darah biasa dan konvalesen tersebut.

Donor plasma konvalesen ini bagi pasien COVID-19 berperan menurunkan jumlah virus dalam tubuh hingga menjaga sel tetap utuh guna mencegah kerusakan pada organ hati, ginjal, paru dan jantung.

Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2021