Magelang (ANTARA News) - Perbaikan jaringan listrik di sejumlah kecamatan di wilayah Kabupaten Magelang yang rusak akibat letusan Gunung Merapi akhir-akhir ini ditargetkan selesai dalam waktu sepekan ke depan.

"Kami targetkan perbaikan jaringan listrik bisa selesai dan menyala normal dalam pekan ini asal tidak ada hujan abu vulkanik lagi ke arah Magelang," kata Manajer Area Pelayanan Jaringan PLN Magelang, Purwadi di Magelang, Senin.

Sejak Kamis (4/11) pagi aliran listrik PLN di wilayah Kabupaten Magelang, antara lain Kecamatan Srumbung, Dukun, Sawangan, Salam, Muntilan, dan Mungkid padam total hingga Senin (8/11).

Ia berharap, mudah-mudahan tidak hujan abu lagi sehingga perbaikan cepat selesai. Sekitar 50 persen jaringan listrik di Magelang rusak akibat hujan abu yang terus menerus dalam beberapa hari terakhir.

Menurut dia, perbaikan jaringan listrik akibat letusan Merapi ini tidak bisa dilakukan sekaligus karena dampak kerusakan jaringan cukup luas dan tenaga teknisi yang tersedia terbatas. Bahkan, kerusakan jaringan juga terjadi di wilayah Kutoarjo dan Purworejo karena terkena hujan abu vulkanik.

"Kami minta masyarakat memaklumi kondisi yang sedang terjadi. Untuk masyarakat umum sebagian desa-desa yang jaringan listriknya mati juga sudah mulai dibenahi. Sambil berharap semoga hujan abu vulkanik besar tidak kembali terjadi," katanya.

Ia menuturkan, sekarang sedang dilakukan perbaikan jaringan dengan membersihkan pohon-pohon tumbang yang mengenai kabel jaringan listrik.

Selain membersihkan pohon tumbang, katanya, juga dilakukan pembersihan isolator dari abu vulkanik yang menutupinya. Serta membersihkan jaringan terminal travo yang juga tertutup abu dan menyebabkan aliran listrik mati.

Ia mengatakan,perbaikan jaringan listrik diutamakan di pusat-pusat pemerintahan,jalur pengungsian, dan pusat-pusat niaga yang menyangkut kepentingan banyak orang,`` katanya.
(ANT/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010