Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut terus melakukan pendampingan teknis pelaksanaan Program Tol Laut dan Multi Moda di Provinsi Papua guna meningkatkan perekonomian melalui sektor logistik.

Kepala KSOP Kelas II Jayapura, Taher Laitupa mengatakan dalam rangka rangkaian teknis pelaksanaan distribusi logistik melalui Program Tol Laut dan Multimoda di Kabupaten Nduga, pihaknya melakukan koordinasi langsung dan rapat secara virtual yang di hadiri oleh pemerintah daerah (pemda) dan stakeholder terkait lainnya.

“Agenda rapat membahas gerakan aksi tindak lanjut Program Strategis Nasional Tol Laut Lintas Papua yang telah diprogramkan dan berjalan pada Trayek 2021 & Percepatan Pembangunan Kabupaten Nduga,” kata Taher dalam keterangannya, Selasa.

Taher mengatakan agenda tersebut di antaranya adalah proses distribusi logistik beras dari Merauke ke Nduga dan para pengungsi di Wamena Jayawijaya, proses pengiriman bahan pembangunan sarana ibadah Gereja oleh Pemerintah Kabupaten Nduga dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya - Pomako Mimika - Mumugu/Batas Batu Nduga.

Taher mengungkapkan saat ini Bupati Nduga Wentius Nimiangge terus meningkatkan pembangunan fisik dan juga pemberdayaan masyarakat lokal dalam pembangunan dan pendidikan SDM Putra Putri Nduga dengan terus berkoordinasi bersama Kementerian/Lembaga (K/L ) teknis salah satunya Kemenhub. 

Ia juga berharap sebagai Kordinator Wilayah pada UPT-UPT Ditjen Perhubungan Laut di wilayah Provinsi Papua tentu Program Tol Laut Lintas Papua dan Multi Moda yang telah di berjalan selama ini harus terus dikembangkan dan digunakan oleh masyarakat di Kabupaten-kabupaten yang berada di wilayah pegunungan seperti contoh Kabupaten Nduga, Kabupaten Jayawijaya dan Kabupaten Puncak, serta juga Kabupaten lainnya di daerah pesisir seperti di Kabupaten Merauke, Kabupaten Mimika, Kabupaten Fak-Fak, Kabupaten Supiori, Kabupaten Sarmi, dan Kabupaten Jayapura, serta kabupaten lainnya yang saat ini terus berkembang dan meningkat penggunaan tol laut.

Pada hari yang sama KSOP Kelas II Jayapura memfasilitasi Tokoh Muda Papua untuk diskusi dan audiensi bersama Ketua STIP Amiruddin di Jakarta dalam rangka penerimaan calon taruna/i dari daerah Papua dan Papua Barat dan juga peluang beasiswa yang akan diberikan bagi putra putri asli Papua pada sekolah Kedinasan Pelayaran STIP Jakarta.

“Hal ini menjadi dasar mengingat perdagangan Pasifik semakin meningkat dan diperlukan SDM untuk menjadikan Visi Indonesia Poros Maritim Dunia khususnya di Indonesia Timur,” kata Akademisi Universitas Cenderawasih Laus Rumayom ​​​​​, mantan Tenaga Ahli Madya Kedeputian V, Kantor Staf Kepresidenan.

Baca juga: Layanan angkutan tol laut bantu pengusaha lokal Papua

Baca juga: Program Tol Laut diminati para pengusaha muda di Papua


 

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021