Jakarta (ANTARA) - Berikut sejumlah berita humaniora kemarin (9/8) yang menarik untuk dibaca pagi ini, di antaranya suntikan vaksin kosong di Pluit, peta jalan untuk menghadapi pandemi COVID-19, dan puncak hujan meteor perseid.

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4, 3 dan 2 diperpanjang di wilayah Jawa-Bali pada 10-16 Agustus 2021.

Kemenkes: Suntikan vaksin kosong di Pluit akibat kelalaian vaksinator

Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan RI Siti Nadia Tarmizi mengatakan peristiwa vaksinasi COVID-19 diduga menggunakan alat suntik kosong di Pluit, Jakarta Utara, Jumat (6/8), terjadi karena kelalaian vaksinator.

"Ini sebabnya kesalahan saat mengambil suntikan yang belum diisi vaksin," kata Siti Nadia Tarmizi saat dikonfirmasi Senin (9/8) malam.

Baca juga: Kemenkes: Suntikan vaksin kosong di Pluit akibat kelalaian vaksinator

Presiden minta jajaran buat peta jalan hadapi pandemi COVID-19

Presiden RI Joko Widodo meminta jajarannya segera membuat peta jalan atau roadmap untuk mengantisipasi apabila pandemi COVID-19 berlangsung bertahun-tahun.

Hal tersebut diungkapkan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin seusai rapat terbatas dengan Presiden di Jakarta, Senin, sebagaimana disaksikan melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden.

Baca juga: Presiden minta jajaran buat peta jalan hadapi pandemi COVID-19

Pemerintah perpanjang PPKM di Jawa-Bali hingga 16 Agustus 2021

Pemerintah kembali memutuskan untuk memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4, 3 dan 2 di wilayah Jawa-Bali pada 10-16 Agustus 2021.

"Atas arahan Presiden Republik Indonesia, PPKM level 4, 3 dan 2 di Jawa-Bali akan diperpanjang sampai tanggal 16 Agustus 2021," kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi sekaligus Koordinator PPKM Jawa-Bali Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi pers virtual evaluasi dan penerapan PPKM, Senin malam.

Baca juga: Pemerintah perpanjang PPKM di Jawa-Bali hingga 16 Agustus 2021

Kecuali Malang Raya-Bali, Luhut klaim penurunan kasus COVID-19

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi sekaligus Koordinator PPKM Jawa-Bali Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan terjadi tren penurunan kasus COVID-19 dan perawatan rumah sakit di sejumlah wilayah aglomerasi di Jawa-Bali, kecuali wilayah Malang Raya dan Bali.

"Penurunan kasus dan perawatan rumah sakit juga terjadi di sejumlah aglomerasi di Jawa-Bali, kecuali masih ada masalah di Malang Raya dan juga di Bali. Untuk itu, pemerintah akan segera melakukan intervensi di kedua wilayah ini untuk menurunkan laju penambahan kasus," katanya dalam konferensi pers virtual, Senin malam.

Baca juga: Kecuali Malang Raya-Bali, Luhut klaim penurunan kasus COVID-19

Pemerintah bolehkan pusat perbelanjaan dibuka saat PPKM

Pemerintah mulai membolehkan pembukaan pusat perbelanjaan (mall) saat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di sejumlah kota dengan kapasitas 25 persen.

"Uji coba pembukaan pusat perbelanjaan akan dilakukan di Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Semarang dengan kapasitas 25 persen selama seminggu ke depan dengan protokol kesehatan yang ketat," kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Senin.

Baca juga: Pemerintah bolehkan pusat perbelanjaan dibuka saat PPKM

Lapan: Puncak hujan meteor perseid terjadi 12-13 Agustus 2021

Peneliti di Pusat Sains dan Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Andi Pangerang mengatakan fenomena puncak hujan meteor perseid terjadi 12-13 Agustus 2021.

"Hujan meteor ini bisa disaksikan tanpa alat bantu asalkan cuaca cerah, medan pandang bebas dari halangan dan kualitas langit cukup bersih," kata Andi saat dihubungi ANTARA di Jakarta, Senin.

Baca juga: Lapan: Puncak hujan meteor perseid terjadi 12-13 Agustus 2021

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2021