Labuan Bajo (ANTARA) -
Sebanyak 41 personel dari Balai Taman Nasional Komodo (BTNK) berhasil memadamkan api di lokasi sabana Laju Pemali, Manggarai Barat, Minggu.

 
 
"Api berhasil dipadamkan pukul lima pagi tadi oleh 41 personel ranger BTNK," kata Kepala BTNK, Lukita Awang, ketika dihubungi dari Labuan Bajo, NTT, Minggu.

 
 
Awang menjelaskan, cuaca di lokasi kebakaran cukup panas di siang hari. Oleh karena itu, upaya pemadaman yang dilakukan sejak Sabtu malam hingga Minggu pagi cukup membantu para petugas agar tidak kesulitan memadamkan api di tengah cuaca yang panas.

 
 
Kebakaran sabana di Laju Pemali, kawasan Taman Nasional Komodo, Manggarai Barat, terjadi pada Sabtu sekitar pukul 15.00 WITA. Lokasi Laju Pemali berada di sebelah barat Pulau Komodo dan sebelah selatan Loh Wenci.

 
 
Luas lahan yang terbakar di Laju Pemali sekitar 10 Hektare, sedangkan penyebab kebakaran sendiri masih dalam penyelidikan.

 
 
Awang menegaskan, lokasi itu bukanlah habitat bagi komodo (Varanus komodoensis) ehingga bisa dipastikan tidak ada komodo di sana dan mereka masih memantau di sekitar lokasi kebakaran. Para personel harus memastikan agar tidak ada api lagi di sabana Laju Pemali itu. 

Pewarta: Fransiska Mariana Nuka
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2021