Jakarta (ANTARA) -
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan upaya vaksinasi COVID-19 massal melalui serbuan vaksinasi TNI dan pengembangan ekonomi kreatif di wilayah destinasi wisata danau Toba, Sumatera Utara dapat mempercepat pemulihan ekonomi di wilayah destinasi tersebut.
 
Sandiaga dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Sabtu, mengatakan penanganan Covid-19 serta program pengembangan ekonomi kreatif menjadi kunci pemulihan sektor parekraf nasional.
 
Melalui penanganan Covid-19 dan pengembangan ekonomi tersebut, dinilai Sandiaga sebagai pembuka peluang usaha sekaligus lapangan kerja di tengah keterbatasan imbas pandemi covid-19.
 
"Kolaborasi dan kegiatan-kegiatan ini adalah hasil kerja bersama kita, Gercep-gerak cepat, Geber-gerak bersama dan Gaspol-garap semua potensi. Agar Danau Toba siap menjadi destinasi super prioritas yang paling berkualitas untuk menarik wisatawan dan membangkitkan ekonomi, membuka lapangan kerja dan tentunya menjadi saluran berkat bagi banyak orang," kata Sandiaga.

Baca juga: Menparekraf apresiasi tiga program pengembangan wisata Danau Toba
 
Menparekraf secara virtual meresmikan kegiatan workshop pengembangan ekonomi kreatif kriya berbasis daur ulang di Perkampungan Pemuda HKBP Jetun Silangit, Desa Pohon Tonga, Siborong-borong, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara.
 
Selanjutnya, Serbuan Vaksinasi Covid-19 TNI Tahap Pertama, serta soft launching Bobocabin Signature Toba yang berada di Kaldera Nomadic Escape di Desa Pardamean Sibisa, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara.
 
Dalam kesempatan tersebut, Sandiaga Uno menyampaikan apresiasinya kepada seluruh pihak yang berperan aktif dalam pemulihan sektor parekraf sekaligus mengakhiri pandemi Covid-19.
 
Pengembangan destinasi super prioritas (DSP) Danau Toba merupakan prioritas Presiden Joko Widodo (Jokowi). DSP Danau Toba juga telah ditetapkan sebagai bagian dari UNESCO Global Geopark.

Baca juga: Menparekraf: kuliner penyumbang terbesar PDB ekonomi kreatif
 
Sandiaga Uno mengapresiasi gerak cepat dari tim Badan Pengelola Otorita Danau Toba (BPODT) yang sudah melakukan sejumlah kegiatan secara berkesinambungan.
 
Ia berharap seluruh upaya yang dilakukan dapat terus menggelinding dan membesar layaknya bola salju. "Mari bersatu melawan pandemi, tebarkan optimisme, tetap semangat, selalu jaga kesehatan dan terapkan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin," ungkap Sandiaga Uno.
 
 

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2021