Luhut kunjungi Pasar Klewer, pastikan pedagang terapkan prokes ketat

Luhut kunjungi Pasar Klewer, pastikan pedagang terapkan prokes ketat

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) RI Luhut Binsar Pandjaitan saat mengunjungi Pasar Klewer Solo, Kamis (5/8/2021). ANTARA/Aris Wasita

Solo (ANTARA) - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengunjungi Pasar Klewer Solo untuk memastikan pedagang menerapkan protokol kesehatan (prokes) di tengah pandemi COVID-19.

"Pak Luhut mau menengok sektor nonesensial di Kota Solo, prokesnya seperti apa," kata Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka di Solo, Jawa Tengah, Kamis.

Ia mengatakan jika grafiknya terus membaik maka pemerintah akan melonggarkan sektor nonesensial secara bertahap.

"Misalnya mall mau coba dilonggarkan, tetapi keputusannya masih menunggu minggu depan," kata Gibran.

Disinggung mengenai pesan yang disampaikan Menko Luhut terkait Kota Solo, Gibran mengatakan pemerintah daerah diminta untuk terus mempercepat pemberian vaksin kepada masyarakat.

Sementara itu pada kunjungan kerjanya di Solo, Menko Luhut mengatakan pertumbuhan ekonomi secara nasional pada kuartal II tahun 2021 cukup bagus. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi nasional pada kuartal II tahun 2021 sebesar 7,07 persen.

"Kuartal III mulai naik tetapi kan kena Delta varian (COVID-19). Harapannya (kasus) makin berkurang," kata Menko Luhut.

Ia mengatakan dengan disiplin protokol kesehatan yang baik maka pemerintah akan mulai melonggarkan kegiatan perekonomian.

"Mungkin minggu depan akan sedikit kami longgarkan, tetapi itu harus diiringi dengan vaksin yang bagus. Saya lihat di Pasar Klewer ini sudah mulai dibuka Pak Wali Kota, nanti perlahan kami buka (sektor lain)," kata Menko Luhut.

Selain itu dikatakannya, testing (pengetesan) dan tracing (penelusuran kontak) harus terus berjalan. Sedangkan mengenai penerapan protokol kesehatan, dikatakannya, mutlak dijalankan oleh semua orang.
Pewarta : Aris Wasita
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2021