Bengkulu (ANTARA News) - PT Jamsostek Cabang Bengkulu pada 2010 menyalurkan beasiswa kepada 109 orang pelajar SD, SMP serta perguruan tinggi senilai Rp216 juta.

"Bantuan diserahkan kepada para anak pekerja yang terdaftar sebagai peserta Jamsostek untuk wilayah Bengkulu, Kabupaten Musi Rawas dan juga Kota Lubuk Linggau, Provinsi Sumsel," kata Kepala Bidang Pemasaran, PT Jamsostek cabang Bengkulu Imam Saputra, Selasa.

Ia mengatakan bahwa beasiswa pendidikan tersebut berasal dana sisa hasil usaha yang disisihkan sebagai dana kepedulian sosial kepada lingkungan sekitar.

"Ini untuk membantu membiayai pendidikan selama satu tahun, dan penyerahannya sudah dilakukan pada Mei bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional 2010," ujarnya.

Jumlah bantuan uang yang diberikan untuk pelajar SD dan SMP sebesar Rp1,8 juta per tahun, sedangkan untuk SMA dan perguruan tinggi Rp2,8 juta per tahun.

"Syarat penerima bantuan untuk pelajar SD hingga SMA yakni rata nilai mata pelajaran tujuh, sedangkan untuk mahasiswa nilai IPK 2,75," katanya.

Beasiswa ini disalurkan secara bergantian, dan ditargetkan seluruh anak para pekerja terdaftar sebagai peserta Jamsostek yang layak bisa menerima bantuan ini, katanya.

Ia mengatakan, total tenaga kerja yang terdaftar sebagai peserta Jamsostek Bengkulu tercatat sebanyak 23.000 berasal dari 740 perusahaan yang bergerak dari berbagai bidang usaha.

Bantuan beasiswa serupa juga disalurkan PT Jamsostek pada 2009 senilai Rp108 juta. Dia tidak merincikan jumlah siswa penerima bantuan tersebut.

"Beasiswa ini merupakan program yang dilaksanakan tiap tahun, jumlah dana yang disediakannya saja yang belum bisa kami pastikan, sebab tergantung dana sisa hasil usaha yang tersedia,"katanya.
(ANT148/A035)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010