Bogor (ANTARA News) - Direktorat Diploma Institut Pertanian Bogor segera membuka Program D4 keahlian ekowisata pada Januari 2010. Ketua Program Keahlian Ekowisata Institut IPB Ir Tutut Sunarminto, M.Si di Bogor, Jawa Barat, Senin, mengatakan Program D4 juga akan dibuka untuk semua program keahlian di direktorat tersebut .

Di sela-sela pelepasan alumni Program Ekowisata IPB Angkatan 44 dan Deklarasi Ikatan Alumni Ekowisata IPB, ia menjelaskan bahwa program keahlian ekowisata sendiri didirikan di IPB pada 2000.

Acara pelepasan sekaligus deklarasi alumni itu juga dihadiri Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan Direktorat Diploma IPB Dr Ir Suwarno, M.Sc, serta dosen pembimbing Dr Ir Ricky Avenzora, M.Sc.

Menurut Ricky Avenzora, dengan dilepasnya alumni Ekowsiata IPB Angkatan 44 tersebut, sejak 2003 IPB telah meluluskan sebanyak 550 Ahli Madya Ekowisata.

Dari 59 alumni Ekowisata Angkatan 44 yang dilepas tersebut, satu orang mendapatkan nilai kelulusan dengan predikat "cum laude", yaitu Ratna Agustine dengan nilai 3,89 di bawah bimbingan Ricky Avenzora.

"Sebanyak 34 orang dari alumni Ekowisata Angkatan 44 tersebut mempunyai nilai kelulusan dengan predikat `sanga memuaskan," katanya.

Sementara itu, acara pelepasan alumni itu dilaksanakan dengan penuh tawa serta air mata. Para alumni mendapatkan ucapan selamat dari para dosen, alumni dari angkatan yang lebih tua ataupun dari para mahasiswa ekowisata yang menjadi adik kelas mereka.

Tetesan air mata para alumni mulai mengalir ketika secara bersama, termasuk undangan, menyanyikan lagu Bunda karya Melly Goeslaw yang telah mereka jadikan sebagai "lagu wajib" mereka untuk menunjukan kecintaan mereka kepada ibu yang melahirkan mereka.

Suasana haru juga terlihat ketika Ricky Avenzora membacakan puisi berjudul "Doa Seorang Ayah",karya Jendral Douglas Mac Arthur, yang bagi semua alumni sebagai suatu ungkapan doa dari para dosen untuk para alumni.

Puisi tersebut juga telah dijadikan sebagai puisi wajib oleh Program Studi Ekowisata IPB untuk dibacakan pada setiap acara pelepasan alumni.

Usai pelepasan, acara dilanjutkan dengan peresmian Ikatan Alumni yang dilakukan dengan pemukulan gong oleh Ketua Program Keahlian Ekowisata IPB Ir Tutut Sunarminto.

"Dengan jumlah alumni yang telah melebih jumlah 500 orang, maka para alumni ekowisata IPB hari ini juga melakukan deklarasi Ikatan Alumni EKW IPB," katanya.(*)
(A035/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010