Jakarta (ANTARA) - Amerika Serikat harus puas hanya mendapat medali perak dalam nomor beregu putri senam indah Olimpiade Tokyo 2020, setelah bintang mereka Simone Biles ditarik seusai satu putaran saja dalam babak final di Ariake Gymnastics Centre, Selasa.

Biles melakukan kesalahan dalam fase kuda lompat dan hanya membukukan 13,766 poin untuk tim Amerika, sebelum ditarik dan dibangkucadangkan karena alasan medis.

"Simone ditarik dari kompetisi final nomor beregu karena alasan medis. Kondisinya akan ditinjau ulang secara harian, untuk menentukan kesiapan dia tampil di nomor-nomor lain," ujar pernyataan tim AS yang dikutip laman resmi Olimpiade.

Amerika pada akhirnya hanya membukukan total 166,096 poin dalam keseluruhan final dan harus puas dengan medali perak.

Dominasi mereka dalam dua Olimpiade sebelumnya harus berakhir dan medali emas dibawa pulang oleh tim Rusia (ROC) yang secara total membukukan 169,528 poin.

Sedangkan medali perunggu jatuh ke tangan Britania Raya yang mengumpulkan 164,096 poin.

Rusia memimpin dua poin lebih sejak nomor kuda lompat dan palang bertingkat.

Kepemimpinan Rusia sempat terancam ketika dua penampil mereka, Vladislava Urazova dan Angelina Melnikova, di fase balok keseimbangan terjatuh dan gagal menembus 13,0 poin.

Namun jawara nomor serba alat perorangan Kejuaraan Senam Eropa 2021, Viktoria Listunova, jadi penyelamat bagi Rusia di fase balok kesimbangan dengan memetik 14,333 poin, untuk menjaga keunggulan 0,800 poin sebelum fase terakhirnya.

Hanya membutuhkan 10,534 poin untuk mengunci emas, di fase senam artistik lantai, Melnikova membukukan 13,966 poin untuk memastikan kemenangan Rusia.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2021