Jakarta (ANTARA) – Nucleus Farma (PT Natura Nuswantara Nirmala) adalah leading local bio-tech company yang merupakan produsen inovatif obat natural dan suplemen kesehatan, menggunakan bahan dasar alami lokal asli dari Indonesia. Nucleus Farma selalu mengedepankan nilai-nilai luhur kearifan lokal, serta turut berkontribusi dalam dunia kesehatan dengan menyediakan obat bahan herbal alami yang aman, berkhasiat dan bermutu. Nucleus Farma terbuka untuk berkolaborasi dengan pemerintah, akademisi, komunitas dan media. Salah satu upaya tersebut adalah ikut berpartisipasi dalam berbagai rangkaian kegiatan seminar kesehatan.

Kali ini Nucleus Farma berperan di dalam symposium dan workshop virtual yang diselenggarakan oleh Divisi Endokrin Metabolik dan Divisi Nefrologi dalam naungan Departemen Ilmu Penyakit Dalam RSUP Universitas Hasanuddin di event Celebes Nephro-Endo Metabolic Update/ CNEMU VII dengan topik “Optimasi Manajemen Kasus Ginjal-Hipertensi dan Endokrin-Metabolik Diabetes dengan Penyulit Kardiovaskular”.

Nucleus Farma mengisi sesi Plenary Lecture Pada Sabtu, 24 Juli 2021 dengan Pembicara Prof Dr. dr. Haerani Rasyid, Sp.PD. KGH, Sp.GK dan Moderator Dr.dr. Andi Makbul Aman, Sp.PD KEMD, dimana pada kesempatan tersebut produk unggulan dari Nucleus Farma yang dibahas adalah Onoiwa MX.

Prof. Haerani membahas mengenai peran polyherbal sebagai terapi adjuvant untuk meningkatkan status nutrisi pada pasien Penyakit Ginjal Kronis (Gagal Ginjal). Penyakit ginjal kronis (PGK) adalah kondisi saat fungsi ginjal menurun secara bertahap karena kerusakan ginjal. Secara medis, gagal ginjal kronis didefinisikan sebagai penurunan laju penyaringan atau filtrasi ginjal selama 3 bulan atau lebih. Pada proses hemodialisa, darah dialirkan ke luar tubuh dan disaring di dalam ginjal buatan (dialyzer). Darah yang telah disaring kemudian dialirkan kembali ke dalam tubuh, Penggunaan albumin direkomendasikan karena albumin merupakan indikator yang baik digunakan untuk menilai status gizi penderita dengan hemodialisis serta dapat mengganti nutrisi yang hilang. Onoiwa MX merupakan sediaan oral albumin dengan komposisi utamanya yaitu ekstrak Channa striata yang kandungan nutrisinya kaya akan albumin, sehingga dapat membantu memperbaiki status gizi pasien dalam kondisi tersebut.

Tidak hanya itu, pasien diabetes mellitus. Diabetes mellitus merupakan gangguan metabolik yang ditandai dengan kenaikan gula darah akibat penurunan sekresi insulin oleh sel beta pankreas. Ekstrak Channa striata mengandung albumin, albumin dapat membantu memperbaiki sel-sel beta pankreas yang rusak dimana sel-sel beta pankreas berfungsi memproduksi insulin, Insulin berperan dalam memecah glukosa dalam darah menjadi energi dan disebarkan ke seluruh tubuh. Produksi insulin yang cukup oleh sel beta pankreas menyebabkan kadar gula darah menurun.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2021