PPKM bisa lanjut diperpanjang atau berhenti tergantung bagaimana ketaatan masyarakat terhadap aturan pemerintah
Jakarta (ANTARA) - Koordinator Penggerak Milenial Indonesia (PMI) M Adhiya Muzakki mengajak masyarakat tenang dan patuh selama pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4 yang resmi diperpanjang hingga 2 Agustus 2021.

Adhiya dalam keterangannya di Jakarta, Minggu, mengatakan PPKM bisa lanjut diperpanjang atau berhenti tergantung bagaimana ketaatan masyarakat terhadap aturan pemerintah. Oleh karena itu, Adhiya mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan patuh terhadap aturan yang berlaku.

Baca juga: Pemerintah tanggung PPN sewa toko di mal selama Juni - Agustus

"Ini bisa saja lama, bisa juga cepat. Tergantung bagaimana ketaatan masyarakat kita," kata dia.

Adhiya menilai masih banyak masyarakat yang tidak patuh, melanggar aturan, bahkan melakukan aksi demonstrasi yang malah mengakibatkan kasus aktif meningkat.

Padahal, kata Adhiya ketidakpatuhan masyarakat akan peraturan pemerintah malah jadi berdampak negatif bagi masyarakat itu sendiri.

Baca juga: HMI: Tindakan pemerintah selama PPKM level IV harus humanis

"Dampak ketidakpatuhan kita terhadap peraturan pemerintah, malah akan membuat masyarakat sulit sendiri," katanya.

Adhiya menyebutkan ketenangan dan kepatuhan masyarakat adalah kunci suksesnya memutus mata rantai pandemi COVID-19. Baginya, upaya bebas dari pandemi hanya dengan kerja gotong royong, kolaborasi, dan sinergi antar masyarakat Indonesia.

"Kuncinya ya itu tadi, taat dan patuh, tetap tenang dan sabar. Biarkan pemerintah dan jajaran yang bekerja, kita ikuti," kata dia lagi.

Baca juga: Dua Menteri berikan paket bantuan sembako di Kota Bogor

Selain kepatuhan dan ketaatan, masyarakat juga harus mengikuti proses vaksinasi nasional. Hal itu, demi meningkatkan kekebalan kelompok sehingga masyarakat memiliki imunitas yang baik dalam melawan virus COVID-19.

Adhiya lantas mengajak kepada seluruh masyarakat Indonesia, khususnya kelompok milenial dan Gen-Z agar mengikuti vaksinasi demi tercapainya kekebalan kelompok.

"Kita juga harus membantu pemerintah dalam rangka mensukseskan vaksinasi nasional. Anak muda harus ambil peran untuk menang melawan pandemi COVID-19," ujarnya.

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021