Lanal Sabang dirikan pondok rekreasi dalam membina potensi maritim

Lanal Sabang dirikan pondok rekreasi dalam membina potensi maritim

Dokumentasi - Peletakan batu pertama pembangunan pondok rekreasi di dermaga Pangkalan TNI AL Kota Sabang, Provinsi Aceh. (ANTARA/HO-Humas Lanal Sabang)

Banda Aceh (ANTARA) - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Sabang mendirikan pondok rekreasi dalam upaya mendukung ketahanan logistik dan administrasi, sekaligus melaksanakan pembinaan potensi maritim sehingga menjadi kekuatan pertahanan keamanan negara di wilayah laut.

Komandan Pangkalan TNI AL Sabang Kolonel Laut (P) Ardhi Sunaryo, Jumat, mengatakan pembuatan pondok rekreasi secara swadaya itu merupakan upaya Lanal Sabang selaku komando pelaksana dukungan bagi unsur-unsur gelar KRI dan pesawat udara yang sedang melaksanakan operasi di wilayah terluar bagian barat Indonesia sekitar Samudera Hindia, perairan Aceh dan Sabang.

"Tempat ini nantinya bisa digunakan sebagai area fasilitas perawatan personel ABK KRI yang sandar di dermaga Pangkalan TNI AL untuk beristirahat memulihkan fisik dan mental agar tetap semangat dan kembali bertugas menjaga kedaulatan di laut di wilayah Aceh,” katanya dalam keterangan diterima di Banda Aceh.

Baca juga: Kepala Staf TNI AL meresmikan Dermaga Lanal Saumlaki Maluku
Baca juga: Lanal Banten menyerahkan benur sitaan ke BKIPM
Baca juga: TNI AL sasar masyarakat maritim dapatkan vaksin COVID-19


Ardhi Sunaryo mengatakan pondok rekreasi tersebut terletak di kawasan dermaga Lanal Sabang. Dirinya juga telah meletakkan batu pertama pembangunan pondok rekreasi yang bakal di lengkapi kebun komoditas pangan itu.

"Pondok rekreasi ini juga kita lengkapi dengan kebun ketahanan pangan Lanal Sabang, dengan nama kebun Basyarah," katanya.

Ia menjelaskan dalam melaksanakan tugas pokok, Lanal Sabang dituntut untuk memiliki fungsi 4R yakni fasilitas labuh atau rest, fasilitas pemeliharaan dan perbaikan atau repair, fasilitas pembekalan atau replenishment at sea dan fasilitas perawatan personel atau recreation.

"Untuk tahap awal, pondok rekreasi ini akan digunakan internal TNI AL saja. Tapi ke depannya kami berencana membuka tempat ini sebagai sarana publik, khususnya untuk pertemuan dinas dan edukasi pelajar terkait kebun ketahanan pangan," ujarnya.

Kita berharap agar pelaksanaan pembuatan pondok rekreasi ini dapat berjalan dengan baik, lancar tanpa halangan, dimudahkan, sesuai dengan harapan, dan tentunya pembangunan ini segera selesai, katanya lagi.
Pewarta : Khalis Surry
Editor: M Arief Iskandar
COPYRIGHT © ANTARA 2021