Williams miliki daftar panjang nama pebalap bila Russell hengkang

Williams miliki daftar panjang nama pebalap bila Russell hengkang

Pebalap Formula One William George Russell terlihat dalam latihan Monaco Grand Prix di Circuit de Monaco, Monte Carlo, Monako, Kamis (20/5/2021). REUTERS/Eric Gaillard/foc/cfo (REUTERS/ERIC GAILLARD)

Jakarta (ANTARA) - Tim Williams memiliki daftar panjang nama-nama pebalap untuk memperkuat tim mantan juara dunia itu apabila George Russell hengkang ke Mercedes.

Masa depan Russell akan sangat bergantung kepada Mercedes apakah mereka memutuskan mempertahankan Valtteri Bottas untuk terus membalap bersama tim Silver Arrow setelah musim ini usai di saat kontrak sang pebalap Finlandia akan selesai akhir tahun ini.

Sedangkan Russell telah membuat impresi positif selama membela Williams di saat sang pebalap muda Inggris itu nyaris finis dengan poin saat finis P12 di Prancis dan Inggris dan P11 di Australia meski menggunakan salah satu mobil terlemah di grid musim ini.

Russell, yang mendapat dukungan dari Mercedes, disebut-sebut sebagai pebalap potensial pengganti Bottas.

Baca juga: Bottas bantah dirinya bakal digantikan oleh Russell tengah musim
Baca juga: Russell redam spekulasi kepindahan dini ke Mercedes

Kepala tim dan CEO Williams, Jost Capito seperti dilansir laman resmi F1, Kamis, mengungkapkan timnya hampir tidak kekurangan nama-nama pebalap yang mungkin bisa menjadi pengganti Russell seperti misalnya pebalap Jerman Nico Hulkenberg yang saat ini mengemban tugas sebagai pebalap cadangan tim Aston Martin.

"Saya rasa saat ini kami tidak mengecualikan pebalap satupun yang akan tersedia tahun depan dan Nico terbuka untuk tahun depan, jadi kami memiliki daftar panjang," kata Capito.

Capito mengungkapkan bahwa dana segar yang dibawa pemilik baru, Dorilton Capital, telah membuat Williams menjadi tim dengan prospek bagus bagi sejumlah pebalap.
 
Pebalap Williams F1, George Russell saat latihan di Silverstone Circuit, Silverstone, Inggris (7/8/2020). ANTARA/REUTERS/Pool/Bryn Lennon/aa.


Baca juga: Keluarga Williams bakal tinggalkan F1 setelah GP Italia

"Hal utamanya adalah kami ingin memiliki pebalap terbaik yang tersedia dan tertarik untuk membalap bersama Williams dan tertarik menjalankan tugas untuk Williams. Ini tentunya bukan soal pebalap yang ingin menjadi juara dunia tahun depan, bagi kami, dia akan berada di tim yang salah," kata Capito.

"Kami butuh pebalap yang mau mendukung tim, membantu tim, memimpin tim, dan meningkatkan performa. Saat ini kami bisa melihat meningkatnya ketertarikan dari para pebalap terhadap Williams.

"Saya bisa bilang itu karena langkah-langkah positif yang telah kami lakukan belakangan ini.

"Saya rasa kami didanai dengan baik dan ini bukan rahasia, dan kami melangkah ke arah yang tepat, kami harap kami lanjut seperti ini sehingga kami bekerja keras untuk meneruskan itu dan ini membuat Williams tim yang menarik bagi seorang pebalap di masa depan," kata dia.

Bos tim Mercedes Toto Wolff sebelumnya mengatakan bahwa rekan satu tim Lewis Hamilton untuk 2020 akan ditentukan saat jeda musim panas, setelah Mercedes memperpanjang kontrak mempertahankan sang juara dunia tujuh kali setidaknya hingga akhir 2023.

Baca juga: Mercedes perpanjang kontrak Hamilton hingga 2023
Baca juga: Mercedes putuskan tandem Hamilton untuk 2022 sebelum GP Belgia
Baca juga: Russell yakin Williams akhiri rentetan finis nirpoin di F1 2021
 
Pewarta : Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021