Bagi Pembangkit Listrik dan Pemanas Gabungan di Nigeria

     LAGOS, Nigeria 14 Oktober (ANTARA/PRNewswire-AsiaNet) -- ContourGlobal hari ini mengumumkan bahwa pihaknya menerima asuransi resiko politik senilai 37,8 juta dolar dari Overseas Private Investment Corporation (OPIC), untuk mendukung pembangunan dan pengoperasian tiga pembangkit listrik Gabungan Tenaga dan Panas (Combined Heat and Power/CHP) milik Nigeria Bottling Company (NBC), perusahaan afiliasi Coca-Cola Hellenic Bottling Company, S.A (CCH). Pembangunan proyek, yang dikerjakan oleh ContourGlobal Solutions, Nigeria, anak perusahaan ContourGlobal, akan membuat NBC mampu mengurangi konsumsi energinya dan emisi karbon dioksidanya secara signifikan serta menurunkan biaya produksi di negara Afrika Barat tersebut.

     Proyek yang didukung oleh fasilitas perlindungan asuransi OPIC itu berkapasitas 4 Mega Watt (MW) pembangkit CHP di Ikeja, 1,2 MW di Apapa, dan 3,6 MW di Benin (Nigeria) semuanya akan menghasilkan listrik, panas dan uap, dan, khususnya di Benin, menyediakan CO2 bagi fasilitas kemasan botol minuman milik NBC. Efisiensi energi dari CHP dapat mencapai 90 persen, sedangkan untuk pembangkit tenaga gas konvensional tingkat efisiensinya hanya 35-40 persen. Lebih dari itu, proses Quadgen yang dilakukan ContourGlobal dapat memasukkan teknologi penangkapan karbon melalui pemisahan, penangkapan dan pemurnian sekitar 95 persen CO2 yang ada dalam uap CHP. Pemurnian CO2 kemudian digunakan dalam proses pembotolan dan tuntutan kualitas produk makanan lainnya.

     Proyek ini merupakan insiatif terbaru dalam kemitraan antara ContourGlobal dan OPIC. Pada Oktober 2009, kedua pihak menandatangani MoU mengenai kesediaan OPIC memberikan pembiayaan dan jaminan resiko politik bagi CountourGlobal dalam proyek-proyek tenaga listrik di pasar berkembang, termasuk fasilitas hemat energi yang mampu menurunkan emisi karbon secara signifikan.

     Pada bulan April, Dewan Direktur OPIC menyetujui bantuan dana hingga 250 juta dolar kepada ContourGlobal untuk program pembangunan dan pengoperasian pembangkit CHP untuk pabrik botol CCH, yang tersebar di Eropa Timur dan Nigeria. Perjanjian pinjaman itu ditandatangani bulan Agustus tahun ini.

     "Kami sangat senang untuk memulai pembangunan fasilitas yang sangat inovatif ini dan kami akan terus bekerja sama dengan OPIC bagi kegiatan pengembangan pembangkit kami selanjutnya di Nigeria baik yang berkaitan dengan CCH-NBC maupun pelanggan lainnya," kata Stephane Loosen, Direktur Pengelola ContourGlobal Solutions, Nigeria. "Kami bangga bermitra dengan OPIC dalam kerja sama ini, sebagai lembaga yang berstandar tinggi dan mempunyai komitmen kuat dalam energi bersih."

     Presiden dan CEO OPIC, Elizabeth Littlefield, mengatakan, "Dukungan bagi hemat energi merupakan prioritas utama bagi OPIC, dan hal tersebut dicontohkan oleh proyek inovasi ini, dimana juga akan mendukung pembangunan ekonomi di Nigeria."

     Tentang ContourGlobal
     CG Solutions merupakan perusahaan yang seluruh sahamnya dimiliki oleh ContourGlobal, perusahaan pengembang dan operator pembangkit energi yang berkantor pusat di New York, mempunyai sekitar 900 pegawai di seluruh dunia dan kini mengoperasikan dan membangun pembangkit dengan kapasitas lebih dari 1.300 MW. ContourGlobal beroperasi di pasar yang beragam seperti Amerika Serikat, Uni Eropa, Brazil, Kolombia, Togo, Rwanda, Nigeria dan Ukraina.

     ContourGlobal mengembangkan dan mengoperasikan listrik dan menggabungkan bisnis pembangkit dan panas baik untuk kalangan pemerintahan maupun perusahaan multinasional, dan fokus kepada pertumbuhan tinggi, pasar yang kurang terlayani serta inovasi di pasar-pasar maju, seperti energi terbarukan dan Penggabungan Panas dan Pembangkit.

     Silakan kunjungi web ContourGlobal di www.contourglobal.com

     Tentang OPIC
     OPIC didirikan sebagai agen pemerintah AS pada 1971. Perusahaan ini membantu kalangan bisnis AS yang berinvestasi di luar negeri, membantu pembangunan ekonomi di pasar-pasar baru dan berkembang, membantu sektor swasta dalam mengelola resiko yang berkaitan dengan investasi asing langsung, dan mendukung kebijakan luar negeri AS. Mengingat OPIC mengenakan biaya yang didasarkan pada pasar bagi produk-produknya, maka OPIC beroperasi atas dasar "self-sustaining at net cost" bagi pembayar pajak.

     Jaminan dan pembiayaan resiko politik OPIC membantu para pengusaha AS untuk semua skala investasi di lebih dari 150 pasar berkembang dan negara-negara berkembang di seluruh dunia. Total proyek-proyek OPIC kini menyumbang ekspor AS hingga 72 miliar dolar AS dan menyediakan lapangan kerja bagi lebih dari 274.000 warga Amerika.

     Silakan kunjungi OPIC di www.opic.gov.


     SUMBER: ContourGlobal

     KONTAK: Stephane Loosen, ContourGlobal
                    (234) (1) 280-6723


Pewarta:
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2010