Jakarta (ANTARA) - Kepolisian Sektor Kelapa Gading Kepolisian Resor Metro Jakarta Utara menyediakan peminjaman tabung oksigen berukuran satu meter kubik gratis bagi warga setempat yang menjalani isolasi mandiri di rumah.

Kepala Polsek Kelapa Gading AKP Rio Mikael L Tobing saat ditemui wartawan di Jakarta Utara, Kamis, mengatakan, jumlah tabung tersedia saat ini sebanyak lima unit yang dapat dipinjam oleh warga yang memiliki gejala klinis COVID-19 dan berdomisili di area Kelapa Gading.

"Pada hari ini kami dari Polsek Kelapa Gading memiliki lima tabung oksigen yang dapat dipinjam oleh masyarakat Kelapa Gading dengan menjaminkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang nantinya bisa digunakan hingga satu minggu ke depan," ujar Mikael.

Saat ini salah satu tabung oksigen sudah dipinjam oleh anggota keluarga dari warga RW14 Kelurahan Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Jakarta Utara, yang menjalani isolasi mandiri di rumah.

Apabila masyarakat Kelapa Gading tersebut sudah selesai menggunakan tabung oksigennya, maka harus dikembalikan lagi ke Markas Polsek Kelapa Gading agar dapat dilakukan pengisian ulang dan digunakan oleh masyarakat lainnya.

Untuk meminimalkan risiko penularan COVID-19 akibat penggunaan tabung oksigen secara bergantian, Polsek Kelapa Gading menganjurkan agar peminjam memiliki sendiri selang oksigennya.

"Selang oksigen (dimiliki) masing-masing saja, supaya mengurangi risiko penularan COVID-19," kata Mikael.

Baca juga: Tiga pahlawan super temani Iron Man kampanye prokes di Kelapa Gading
Baca juga: Lebih 200 warga lakukan tes COVID-19 di Polsek Kelapa Gading
Kepala Kepolisian Resor Metro Jakarta Utara Komisaris Besar Polisi Guruh Arif Darmawan (Kiri) bersama Kepala Kepolisian Sektor Kelapa Gading AKP Rio Mikael L Tobing (kanan) meninjau tabung oksigen yang dibagikan untuk warga yang menjalani isolasi mandiri di Kelapa Gading, Jakarta Utara secara gratis pada Selasa (20/7/2021). (ANTARA/Abdu Faisal)

Saat ini, tabung oksigen yang tersedia hanya diprioritaskan kepada warga yang betul-betul membutuhkan. Personel Polsek Kelapa Gading akan mendata riwayat penyakit COVID-19 yang bersangkutan terlebih dulu, sebelum meminjamkan tabung oksigennya.

"Yang jelas, kami menyasar warga yang benar-benar membutuhkan. Dilihat dari saturasi (oksigen)-nya apabila memang sudah turun dan benar membutuhkan, nanti dapat diceritakan kepada kami kronologinya maupun latar belakang kasus medisnya, nanti kami dapat pinjamkan kemudian," kata Mikael.
​​​​​​​
Ke depannya, Polsek Kelapa Gading akan mengupayakan untuk menambah lagi jumlah ketersediaan tabung oksigen menjadi 15 unit sehingga dapat memenuhi kebutuhan untuk masyarakat Kelapa Gading.

Selain tabung oksigen, Polsek Kelapa Gading juga dapat memfasilitasi kebutuhan tes usap (swab test) antigen secara gratis dan juga armada vaksinasi COVID-19 keliling (mobile vaccine).

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2021