Jakarta (ANTARA)- Bagi setiap usaha yang dijalankan oleh perusahaan tentunya tidak semua permasalahan hanya mengenai target dan pencapaian prestasi dalam bisnis, namun juga harus memikirkan bagaimana mengelola karyawan sebagai aset perusahaan agar bekerja maksimal sesuai target perusahaan. Untuk itu diperlukan absensi karyawan online yang simpel dan praktis. Namun sebelum itu Anda wajib mengetahui bagaimana cara kerja sistem absensi karyawan online?

Untuk meninggalkan cara konvensional ke sistem teknologi digital memang tidak mudah, namun dengan update informasi serta adaptasi dan kerjasama dari manajemen perusahaan, maka semuanya bisa berjalan mudah dan lancar. Anda tinggal sesuaikan kebutuhan perusahaan dengan sistem absensi karyawan online yang Anda pilih.

Rekomendasi software dan Cara Kerja Sistem Karyawan Online

Nah, untuk membantu Anda agar tidak bingung memilih software absensi karyawan online yang cocok berikut ini kami rekomendasikan software absensi karyawan online berikut cara kerjanya :

1. Software Talenta by Mekari

Software absensi berbasis cloud yang satu ini selalu menawarkan tampilan yang clean dan mudah untuk diakses, Software Talenta by Mekari hadir dengan fitur absensi yang dapat diintegrasikan dengan mesin fingerprint. Melalui aplikasi Talenta by Mekari, manager HR dapat dengan mudah menerima atau menolak permintaan cuti karyawan, beserta keperluan administrasi lain yang biasanya membutuhkan proses approval yang cukup memakan waktu.

Harga yang ditawarkan oleh Talenta by Mekari pun beragam, sesuai dengan besarnya perusahaan. Talenta by Mekari membagi harga dalam tiga paket, yaitu basic, mid-size, dan enterprise.

2. Software BambooHR

BambooHR adalah solusi perangkat lunak manajemen SDM berbasis cloud untuk bisnis kecil dan menengah. BambooHR menawarkan kepada perusahaan kecil dan berkembang sistem informasi sumber daya manusia (HRIS) yang mencakup sistem pelacakan pelamar (ATS), pelacakan waktu, pemrosesan penggajian, administrasi tunjangan, keterlibatan karyawan dan alat kepuasan karyawan, pengingat otomatis, dan analitik data tenaga kerja untuk mengelola semua aspek dari siklus hidup karyawan.

Dengan software BambooHR, setiap tim SDM atau departemen SDM perusahaan dapat meningkatkan proses perekrutan, merekrut karyawan baru, mengelola kompensasi, memelihara dan menganalisis data karyawan, dan mengembangkan budaya perusahaan. Menggunakan ATS dan alat orientasi yang terintegrasi, BambooHR merampingkan seluruh proses perekrutan mulai dari aplikasi hingga orientasi hari pertama.

Ini juga menyediakan layanan penyesuaian, beberapa peran administrator, dukungan pengguna, dan manajemen karyawan yang tidak aktif. Penetapan harga BambooHR menggunakan model berbasis langganan yang bergantung pada jumlah karyawan ditambah biaya implementasi satu kali. Untuk perekrutan dan perekrutan seluler, BambooHR menyediakan aplikasi seluler untuk perangkat iOS dan Android.

3. Software Timesheets.com

Software absensi Timesheets.com menyediakan pelacakan waktu berbasis cloud untuk bisnis kecil dan menengah. Layanan ini memungkinkan pemberi kerja untuk melacak waktu per jam untuk penggajian dan waktu proyek untuk penagihan.

Pengusaha juga dapat melacak pengeluaran yang dapat diganti, jadwal karyawan, dan dokumen sumber daya manusia (SDM). Versi seluler memungkinkan pengguna untuk melacak waktu dan pengeluaran dari jarak jauh.

Waktu cuti dapat dikelola melalui permintaan waktucuti, kalender waktu cuti, pelacakan penggunaan, dan pelaporan. Fitur SDM termasuk manajemen dokumen dan alat komunikasi. Waktu dapat diekspor ke QuickBooks dan paket penggajian dan akuntansi lainnya. Integrasi lainnya termasuk Paychex, ADP, SurePayroll, Ceridian, Gusto dan banyak lagi.

Untuk harga software adalah per pengguna per bulan. Timesheets.com menawarkan dukungan telepon, obrolan, email, dan pesan teks.

4. Software Branch

Branch adalah solusi pelacakan produktivitas dan waktu karyawan berbasis cloud yang dirancang untuk bisnis yang mengelola beberapa shift karyawan. Ini menawarkan kemampuan untuk melacak pekerjaan per jam, melihat jadwal, merencanakan shift, menetapkan tugas dan berkomunikasi dengan karyawan.

Cabang menyediakan visibilitas real-time dan masa depan pada ketersediaan tenaga kerja untuk membantu manajer merencanakan sumber daya dan alur kerja. Aplikasi swalayan seluler memungkinkan karyawan melacak jadwal harian, mengirim pesan ke rekan kerja, dan bertukar shift. Manajer dapat mengimpor foto jadwal kertas atau membuat kalender digital. Karyawan menerima pemberitahuan tentang aktivitas baru atau perubahan jadwal dan dapat mengajukan permintaan cuti atau mengajukan perubahan shift.

Fitur lain termasuk penjadwalan digital, pelacakan lokasi berpagar geografis, koreksi jam waktu, dan uang muka gaji. Cabang terintegrasi dengan berbagai aplikasi pihak ketiga seperti Zapier, Box, Salesforce dan SAP.

Untuk harga adalah per pengguna per bulan. Dukungan diberikan melalui telepon dan email.

5. Software Dayforce HCM

Dayforce, yang disediakan oleh Ceridian, adalah solusi berbasis cloud untuk Penggajian, Manfaat, Manajemen Tenaga Kerja, Sumber Daya Manusia, Manajemen Bakat, Manajemen Dokumen, dan Analisis. Sebagai aplikasi tunggal, Dayforce memberi organisasi akses ke data dan hasil real-time dari semua domain HCM. Dengan satu catatan karyawan dan satu pengalaman pengguna, organisasi dapat menemukan dan mempekerjakan orang yang tepat, membuat jadwal yang mendukung keseimbangan kehidupan kerja, mengelola pengembangan karyawan, memproses pembayaran, dan mengelola tunjangan, sambil memantau kepatuhan sepanjang siklus hidup karyawan.

Dayforce mengubah manajemen sumber daya manusia dari kumpulan sistem berbeda yang bergantung pada antarmuka yang rapuh menjadi aplikasi tunggal yang kuat dan real-time. Dengan menyediakan satu aplikasi untuk semua kebutuhan manajemen sumber daya manusia Anda, Dayforce menghilangkan rasa sakit yang disebabkan oleh aplikasi yang terputus. Dengan satu catatan karyawan dan satu mesin aturan, semua transaksi yang dilakukan di mana saja dalam aplikasi mengalir mulus di semua area fungsional secara real-time, menghilangkan kebutuhan untuk entri data duplikat, solusi manual, dan proses batch. Dengan pengalaman pengguna tunggal, organisasi dapat mencapai pengurangan waktu pelatihan, adopsi pengguna yang lebih cepat, dan pengembalian investasi yang lebih cepat.

6. Software TimeTracker

TimeTracker adalah solusi pelacakan waktu dan kehadiran karyawan yang dirancang untuk menyederhanakan pelacakan karyawan dan mengurangi administrasi menggunakan fungsi otomatisasi. Dengan TimeTracker, bisnis dapat memeriksa dan melacak aktivitas karyawan dengan timesheet karyawan , pelacakan waktu GPS, jam waktu karyawan terintegrasi, dan analitik karyawan. Fitur lainnya termasuk penjadwalan karyawan, pelacakan pengeluaran, penagihan dan pembuatan faktur, serta pembayaran online dengan integrasi Stripe.

TimeTracker memungkinkan karyawan untuk melacak dan mengirimkan entri waktu menggunakan aplikasi seluler yang kompatibel dengan iOS dan Android. Dari telapak tangan mereka, karyawan dapat masuk/keluar dan beristirahat dengan kartu waktu elektronik dan menerima peringatan dan pemberitahuan push. Manajer tim dapat mengelola lembar waktu karyawan dengan pengeditan dan pemantauan waktu, serta persetujuan/penolakan massal. Manajer juga dapat mengidentifikasi ketidakakuratan lembar waktu dan mengetahui secara pasti siapa yang "sedang bekerja" dengan melacak status karyawan mereka secara real-time dengan pelacakan waktu GPS.

Untuk bisnis yang menggunakan jam punch tradisional, TimeTracker menawarkan jam waktu digital terintegrasi yang memungkinkan karyawan untuk masuk menggunakan pin 4 digit atau pengenalan wajah dan secara otomatis akan memberi tahu manajer setiap kali peristiwa punch terjadi. TimeTracker juga menyediakan kemampuan pelaporan waktu nyata yang memungkinkan manajer untuk menangkap analitik karyawan utama dengan dasbor seret & lepas yang dapat disesuaikan. Manajer dapat memperoleh wawasan berharga tentang pertumbuhan pendapatan, waktu karyawan, jam yang dapat ditagih, dan banyak lagi.

7. Software Jibble

Jibble adalah perangkat lunak pelacakan waktu dan kehadiran yang dirancang untuk membantu bisnis di bidang konstruksi, ritel, manufaktur, perhotelan, dan industri lainnya melacak jam kerja karyawan dan merampingkan proses penggajian. Hal ini memungkinkan para profesional untuk mencatat jam kerja anggota staf dalam lembar waktu harian, mingguan atau bulanan, menyetujui entri yang dikirimkan dan mengekspornya untuk referensi di masa mendatang.

Menggunakan aplikasi seluler Jibble untuk perangkat iOS dan Android, manajer dapat mengakses log kehadiran dan karyawan dapat masuk/keluar, bahkan dari lokasi yang jauh. Profesional SDM dapat memantau statistik karyawan untuk tinjauan kinerja dan menerima ringkasan absen mingguan melalui email. Selain itu, administrator dapat memanfaatkan panel admin untuk mengelola proyek dan melacak aktivitas yang terkait dengan klien tertentu.

Jibble memungkinkan organisasi untuk memfilter laporan berdasarkan rentang tanggal atau anggota tim dan memantau kinerja bisnis menggunakan analitik yang dapat ditindaklanjuti. Produk ini tersedia secara gratis dan dengan langganan bulanan atau tahunan. Dukungan diperluas melalui obrolan langsung, telepon, dan tindakan online lainnya.

8. Attendo Plus

Attendo Plus adalah solusi pelacakan kehadiran, yang membantu bisnis merencanakan, membuat, mempromosikan, dan mengelola acara. Peserta pameran dapat terhubung dengan peserta melalui fungsi jaringan, mengekspor prospek, dan menggunakan kode QR untuk mengumpulkan informasi pengunjung.

Fitur utama Attendo Plus termasuk pemberitahuan otomatis, formulir khusus, sertifikat digital, dan pengingat. Ini memungkinkan penyelenggara membuat kuesioner untuk meminta umpan balik dari peserta dan mengakses data peserta secara real-time. Selain itu, bisnis dapat melacak pendaftaran, mengakses laporan, dan menyesuaikan platform dengan warna dan logo bermerek.

Menggunakan Attendo Plus, tamu dapat membuat profil pengguna dan menerima pemberitahuan tentang acara mendatang. Harga tersedia berdasarkan permintaan dan dukungan diperluas melalui FAQ, email, telepon, basis pengetahuan, dan tindakan online lainnya.

9. Zenefit

Zenefits adalah platform HR SaaS yang mencakup semua yang dirancang khusus untuk usaha kecil hingga menengah. Zenefits People Platform mencakup penawaran kuat yang mencakup aplikasi SDM, Manfaat, Penggajian, Kesejahteraan, dan Kinerja yang digabungkan dengan layanan konsultasi dan aplikasi mitra yang terintegrasi erat untuk menyederhanakan administrasi SDM secara radikal.

Zenefits menawarkan tiga paket harga (Essentials, Growth, dan Zen) yang disesuaikan untuk UKM dari berbagai ukuran.

10. When I Work

When I Work adalah solusi penjadwalan karyawan berbasis cloud yang membantu organisasi melacak waktu dan kehadiran, membuat dan mengedit jadwal karyawan, menambahkan pekerjaan baru ke kalender, meninjau lembar waktu, dan mengisi shift.

When I Work memungkinkan pengguna mengelola jadwal dan melacak waktu di perangkat seluler menggunakan aplikasi asli dan berbasis browser. Karyawan mendapatkan peringatan seluler ketika jadwal mereka berubah dan dapat meminta perubahan shift atau waktu istirahat menggunakan aplikasi. Manajer diberi tahu saat karyawan mengajukan permintaan cuti, dan mereka dapat menyetujuinya secara online. Pengguna dapat mengimpor data karyawan dari spreadsheet atau file CSV dan membantu menghindari konflik jadwal. Metode komunikasi seperti layanan email grup dan SMS kustom juga didukung.

When I Work terintegrasi dengan penyedia penggajian seperti Gusto, QuickBooks, dan ADP dan cocok untuk bisnis dengan berbagai ukuran. Harga adalah per bulan. Dukungan ditawarkan melalui video online, dokumentasi dan tiket.

11. Homebase

Homebase adalah solusi pelacakan dan penjadwalan waktu berbasis cloud yang membantu personel sumber daya manusia mengatur dan mengelola jadwal, lembar waktu, dan penggajian karyawan. Ini melayani bisnis di industri seperti layanan makanan, ritel, perawatan kesehatan, perangkat lunak, dan lainnya.

Pengguna dapat membuat jadwal karyawan menggunakan antarmuka drag-and-drop. Jadwal dapat dikirim ke karyawan melalui pesan teks atau email. Solusi ini juga memungkinkan pengguna untuk mendapatkan visibilitas ke dalam biaya tenaga kerja dengan melacak jam kerja dan lembur karyawan.

Homebase juga menawarkan pelaporan kesalahan otomatis dan berbagai kemampuan ekspor data. Integrasi mencakup beberapa solusi titik penjualan seperti Clover, Poynt, Talech, Square, Breadcrumb, Lightspeed, dan Revel Systems. Aplikasi seluler untuk perangkat iOS dan Android juga tersedia untuk penggunaan jarak jauh.

Layanan ditawarkan secara berlangganan bulanan. Paket ini mencakup dukungan melalui telepon, email, obrolan, dan webinar.

Di atas tadi sudah kami rekomendasikan beberapa software canggih untuk absensi karyawan Anda secara online. Konsep kerjanya sangat simpel namun bisa memudahkan operasional manajemen HR Anda, sehingga perusahaan bisa lebih fokus dalam mengembangkan perusahaan. Selamat Mencoba !

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2021