Qingdao (ANTARA) - Konferensi Tingkat Tinggi Perusahaan Multinasional Kedua diadakan di kota Qingdao pada malam Sabtu (15/July/2021). Perusahaan yang hadir dalam konferensi ini termasuk 306 perusahaan luar negari yang dimasukkan Daftar Fortune Global 500, 517 perusahaan terkemuka global yang berpartisipasi secara online. Peserta konferensi dari 125 perusahaan fortune global sebanyak 378 orang, di antaranya termasuk 24 wakil presiden perusahaan global, 70 presiden cabang Tiongkok dan 100 wakil presiden cabang Tiongkok. Selain itu, ada 33 perusahaan dalam negeri yang dimasukkan Daftar Fortune Global hadir secara offline, termasuk 14 presiden perusahaan global. Dalam semua perusahaan terkemuka global, ada 142 perusahaan luar negeri, 120 perusahaan dalam negeri yang hadir secara offline dengan 198 peserta yang bertingkat wakil presiden di atas. Dalam konferensi ini, juga ada 5 Organisasi internasional dan 20 asosiasi bisnis dalam dan luar negeri yang berpartisipasi. Grup tamu asing yang berpartisipasi offline terdiri dari 4 duta besar dari empat negara di Tiongkok dan utusan dari 14 negara. KTT ini mengikuti tema lama, yaitu “Perusahaan Multinasional dan Tiongkok”, membahas peran dan peluang perusahaan multinasional dalam pola perkembangan Tiongkok yang baru, serta reformasi dan perkembangan rantai industri, rantai nilai, dan rantai pasokan di era pasca-epidemi.

Dalam pembukaan KTT Pemimpin Perusahaan Multinasional, Enrique Lorris, CEO Hewlett-Packard Amerikat Serikat, Sohn Kyung-Shik, ketua CJ Group Korea Selatan, Fabbrice Fourcade, wakil presiden perusahaan EDF (Électricité de France S.A.), presiden cabang Tiongkok dan pemimpin dari perusahaan Fortune Global 500 yang lain mengadakan pertemuan online dan offline, merangkum sejarah, hasil dan efek kerja sama perusahaan masing-masing dengan perusahaan multinasional Tiongkok, mengharapkan berintegrasi ke dalam pola pergembangan siklus ganda domestik dan internasional yang saling promosi dengan pendalaman kerja sama.

Xiao Xue, wakil presiden senior Grup Inspur yang menjadi penyedia layanan Cloud Computing dan Big Data terkemuka di Tiongkok, mengatakan bahwa perkembangan ekonomi Tiongkok membutuhkan partisipasi perusahaan multinasional asing secara mendalam, tidak hanya investasi, tetapi juga ide manajemen yang maju, serta peningkatan kemampuan teknik dan pelayanan. Hubungan perusahaan multinasional asing dan perusahaan Tiongkok bukan persaingan murni sebagai pengganti satu sama lain, tetapi saling membantu untuk pembangunan dan perkembangan bersama.

Zhang Qingwei, wakil sekretaris kantor sekretariat KTT Pemimpin Perusahaan Multinasional Kedua mengunkapkan, dalam pembangunan pola pergembangan yang baru, perusahaan multinasional asing berperan sebagai carrier penting yang berhubungan dengan perusahaan multinasional Tiongkok untuk membangun siklus ganda domestik dan internaisonal yang saling promosi. Konferensi ini diadakan dapat mendalam kerja sama dan komunikasi antara pemerintah Tiongkok dan perusahaan multinasional asing, mendorong keterbukaan pasar, bidang dan tingkatan kerja sama yang lebih luas, lebih mendalam.

KTT Pemimpin Perusahaan Multinasional kedua Qingdao diadakan bersama oleh Kementerian Perdagangan Tiongkok dan Lembaga terkaitan di bawah pemerintah Shangdong, jangka waktunya selama 2 hari, dengan tujuan membangun platform kerja sama antara perusahaan multinasional asing dan perusahaan multinasional Tiongkok yang kondusif perkembangan bersama. Konferensi ini membahas 8 isu, termasuk puncak emisi karbon Tiongkok, peluang perkembangan perusahaan multinasional dll, juga merilis laporan penelitian yang berjudul Perusahaan Multinasional di Tiongkok: Pola baru Menciptakan Peluang baru.

Sebagai salah satu kota pesisir terbuka pertama di Tiongkok, Qingdao berada di garis depan reformasi dan keterbukaan. Kota ini juga memiliki sejumlah perusahaan besar dengan merek terkenal seperti Hairer, Hisense, Tsingtao Brewery dll, telah lama menjadi titik panas yang menarik investasi oleh perusahaan multinasional asing. Saat ini, sudah ada 166 perusahaan Fortune 500 berinvestasi dan menetap di Qingdao, termasuk Panasonic, Samsung dan Airbus.

Kontak: Zhu Yiling
Telpon: 0086-532-85911619

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2021