30 hewan kurban diangkut kapal menuju Kepulauan Seribu

30 hewan kurban diangkut kapal menuju Kepulauan Seribu

Seekor sapi untuk kurban pada Hari Raya Idul Adha diangkut menggunakan kapal yang bersandar di Dermaga Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu, Jakarta, Senin (19/7/2021). (ANTARA/HO-Humas Kepulauan Seribu)

Jakarta (ANTARA) - Bupati Kepulauan Seribu Junaedi mengerahkan kapal untuk mengangkut 30 hewan kurban dari sejumlah perusahaan dan organisasi keagamaan menuju sebelas pulau berpenduduk di perairan Teluk Jakarta tersebut.

Junaedi mengatakan hewan kurban diserahterimakan langsung kepada Camat Kepulauan Seribu Utara dan Camat Kepulauan Seribu Selatan untuk selanjutnya didistribusikan ke masing-masing kelurahan.

"Alhamdulillah, 11 pulau permukiman mendapatkan hewan kurban, mudah-mudahan ini bisa bermanfaat bagi warga yang menerimanya dan yang memberikan bisa menjadi amal ibadah," ujar Junaedi seusai prosesi serah terima secara simbolis di Dermaga Kaliadem, Penjaringan, Jakarta Utara, Senin.

Baca juga: Pemprov DKI imbau warga Shalat Id di rumah
Baca juga: Balai Kota Jakarta tidak laksanakan pemotongan hewan kurban


Ia mengingatkan, pelaksanaan pemotongan hewan kurban untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dan tidak ada kerumunan massa.

"Warga cukup di rumah saja, panitia yang akan membagikan daging kurban dari rumah ke rumah," ujar Junaedi.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Kepulauan Seribu Devi Lidya menambahkan, puluhan hewan kurban tersebut terdiri dari 13 ekor sapi dan 17 ekor kambing.

"Semuanya sudah diperiksa kesehatannya dan memenuhi syarat kurban. Kami juga akan melakukan pendampingan saat pemotongan hewan kurban di pulau-pulau permukiman dengan mengerahkan 17 petugas kesehatan," ucap Devi.

Baca juga: Baznas Jakarta Timur distribusikan bongsang untuk daging kurban
Baca juga: Pemkot Jakarta Barat periksa 13.429 hewan kurban jelang Idul Adha
Pewarta : Abdu Faisal
Editor: Taufik Ridwan
COPYRIGHT © ANTARA 2021