Jakarta (ANTARA) - Bos tim Red Bull Christian Horner menyebut Lewis Hamilton, yang memenangi Grand Prix Inggris, Minggu, membahayakan nyawa Max Verstappen menyusul tabrakan kedua pebalap yang terjadi di lap pembuka di Sirkuit Silverstone.

Horner menyebut juara dunia tujuh kali dari tim Mercedes itu serta pebalap paling sukses dalam sejarah F1 membuat kesalahan amatir ketika mencoba menyalip di tikungan Copse di lap pertama.

Dia mengatakan Hamilton, yang tidak mau disalahkan atas kejadian yang disebut orang lain insiden balapan itu, telah menempatkan keselamatan kompetitor lain dalam bahaya.

"Kami cukup beruntung hari ini, sayangnya setelah kecelakaan (dengan benturan) 51-G, tidak ada yang cedera serius. Apa yang membuat saya sangat marah adalah kurangnya penilaian, atau salah penilaian dan keputusasaan," kata Horner seperti dikutip Reuters.

"Syukur kami lolos dari itu hari ini tapi itu bisa jauh lebih buruk, penalti 10 detik akan tampak sangat tak berarti."

Baca juga: Verstappen kecelakaan akibat Hamilton, GP Inggris terhenti sementara
Baca juga: Verstappen kecelakaan, Hamilton juarai GP Inggris untuk kedelapan kali


Kemenangan kontroversial Hamilton hari itu memangkas jarak pimpinan Verstappen dari 33 poin menjadi delapan poin saja setelah 10 balapan musim ini.

Hamilton diganjar penalti 10 detik karena menyebabkan tabrakan tersebut, namun mampu mencuri pimpinan lomba dari Charles Leclerc dua lap jelang finis untuk mengklaim kemenangan di kampung halamannya untuk kedelapan kalinya.

Horner mengatakan Verstappen mengalami memar-memar dan berada di rumah sakit setelah mendapati kecelakaan terbesar dalam kariernya di Formula 1.

Kecelakaan itu menyebabkan balapan terhenti sementara sebelum restart setelah trek dinyatakan aman.

"Saya tak mengerti kenapa Lewis merasa puas dengan kemenangan ketika dia mengirim rekan kompetitornya dan pebalap ke rumah sakit," kata Horner.

Baca juga: Verstappen kecelakaan, Hamilton terkena penalti 10 detik di GP Inggris
Baca juga: Verstappen pecundangi Hamilton di sprint race untuk pole GP Inggris

Verstappen juga berkomentar lewat Twitter.

"Lega saya baik-baik saja. Sangat kecewa disingkirkan dengan cara seperti ini. Penalti itu tidak membantu kami sama sekali dan tidak memberi keadilan kepada gerakan membahayakan yang dibuat Lewis di trek," cuit sang pebalap Belanda.

"Melihat selebrasi sembari masih di rumah sakit adalah perilaku yang kurang sopan dan tidak sportif tapi kami harus melupakan itu."

Hamilton tampil tercepat di kualifikasi, Jumat, demi merebut pole position untuk sprint race yang diuji coba pada Sabtu.

Posisi finis di sprint race menentukan posisi start pebalap di balapan inti hari berikutnya.

Akan tetapi Verstappen mengambil alih pimpinan lomba di balapan sepanjang 17 putaran tanpa pitstop itu hingga finis pertama dan berhak menempati pole untuk GP Inggris.

Horner menyebut perilaku Hamilton itu terpengaruh dengan sprint race tersebut karena ia tahu Verstappen bakal melesat meninggalkan lawan-lawannya apabila ia tidak berbuat sesuatu.

"Saya rasa dia terbawa dengan hasil kemarin," kata Horner. "Dia tentunya sangat termotivasi, dan dia membuat kesalahan perhitungan yang sangat besar."

Horner juga mengkritik bos tim Mercedes Toto Wolff karena menemui para steward ketika balapan dihentikan, mengatakan upaya melobi mereka adalah hal yang tidak pantas.

"Saya rasa para steward tak boleh diganggu," kata Horner.

Horner kemudian juga menemui para pengawas balapan sebagai respon atas tindakan Wolff untuk memastikan pandangan timnya juga didengar.

Baca juga: Bos McLaren berharap Ricciardo segera temukan kecepatan
Baca juga: Mercedes putuskan tandem Hamilton untuk 2022 sebelum GP Belgia

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2021