BOR rumah sakit sudah mulai flat di Jakarta ini mungkin akibat penambahan dari tempat tidur yang signifikan
Jakarta (ANTARA) - Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono menyebut angka keterisian tempat tidur (bed occupancy rate/BOR) rumah sakit di Jakarta sudah mulai datar setelah penambahan tempat tidur yang cukup signifikan.

"Belakangan ini BOR rumah sakit sudah mulai flat di Jakarta ini mungkin akibat penambahan dari tempat tidur yang signifikan dan angka yang masuk ke rumah sakit, mudah-mudahan, kita harapkan untuk beberapa hari ke depan tidak terlalu masif lagi," jelas Wamenkes Dante dalam konferensi pers virtual evaluasi PPKM Darurat, dipantau dari Jakarta, Sabtu malam.

Baca juga: BOR RS meningkat, Batam optimalkan penanganan COVID-19 di asrama haji

Wamenkes menjelaskan terdapat penambahan 1.000 tempat tidur di Asrama Haji Pondok Gede dengan akan ditambahkan juga 300 tempat tidur di RS Cipto Mangunkusumo di Jakarta. Selain itu akan ditambahkan pula 300-400 tempat tidur di beberapa rumah sakit lain di Jakarta.

Total akan terdapat penambahan 2.000 tempat tidur di seluruh Jakarta.

Selain itu akan dibangun pula rumah sakit lapangan di Bandung, Jawa Barat dan di Jawa Tengah.

Baca juga: Bobby Nasution minta rumah sakit tambah tempat tidur pasien COVID

Baca juga: Keterisian tempat tidur rumah sakit Jawa-Bali masih di atas 80 persen


Terkait oksigen, Dante memastikan bahwa rekonversi dari sektor industri ke medis tengah dilakukan. Terkait distribusi dari oksigen dia memastikan, pihaknya bekerja sama dengan berbagai macam sektor termasuk Satgas COVID-19 di daerah.

Pendistribusiannya juga akan dilakukan dengan pendataan secara digital. Dante meminta  rumah sakit untuk mengisi platform digital SIRS untuk memprediksi kebutuhan oksigen untuk tiap rumah sakit.

"Sehingga kita bisa melakukan distribusi ini secara maksimal dan secara terencana. Sehingga bukan ketika oksigennya habis baru kemudian rumah sakit berteriak," tegasnya.

Baca juga: Kemenkes terapkan strategi menambah kapasitas tempat tidur rumah sakit

Baca juga: Tempat tidur rumah sakit rujukan COVID-19 di Kulon Progo terisi penuh

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021