UMI fokus implementasi program merdeka belajar

UMI fokus implementasi program merdeka belajar

Wakil Rektor I UMI Dr Ir H Hanafi Ashad MT IPM (kanan).ANTARA/Abd Kadir

Makassar (ANTARA) - Tim Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) Universitas Muslim Indonesia (UMI) terus berupaya memaksimalkan dan mengimplementasikan program kampus merdeka merdeka dari Kemendikbud Ristek.

Wakil Rektor I UMI Dr Ir H Hanafi Ashad MT IPM dalam keterangannya di Makassar, Jumat mengatakan penerapan kampus merdeka merupakan kewajiban yang harus dilakukan sesuai Peraturan Rektor Nomor 7 tahun 2020 tentang Implementasi Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka.

“Payung Hukumnya jelas yakni Peraturan Rektor nomor 7 tahun 2020 tentang Implementasi MBKM,” ujarnya.

Ketua tim MBKM UMI ini mengatakan, pihaknya juga rutin melakukan sosialisasi terkait penerapan di semua fakultas.

Sejak pekan lalu diawali Fakultas Agama Islam, Hukum, Ekonomi dan Bisnis, Teknik dan Sastra, Minggu ini dilanjutkan Fakultas Pertanian, Perikanan dan Ilmu Kelautan, Teknologi Industri.Selanjutnya pekan ini dilakukan Fakultas Ilmu Komputer.

Ia menjelaskan, dalam Program Merdeka Belajar Kemendikbud Ristek membuat delapan jenis kegiatan.
Baca juga: UMI gandeng 61 perusahaan implementasi merdeka belajar
Baca juga: Merdeka belajar ala UMI Makassar


Sedangkan di UMI sendiri, kata Wakil Rektor yang membidangi Akademik ini, ada empat kegiatan wajib yang harus dilakukan dalam rangka implementasi merdeka belajar.

“Pertama adalah IT skill yang menjadi sentra pelaksana adalah Fikom UMI. Ke dua adalah kemampuan Bahasa asing yang menjadi sentra adalah Fakultas Sastra,” jelas hanafi Ashad.

“Sedangkan enterprenur skill sentra pelaksanaan adalah fakulas Pertanian dan ke empat adalah leadership skill yang dipusatkan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMI,” ujarnya.

Lebih jauh, Hanafi Ashad memaparkan, setiap fakultas yang menjadi sentra pelaksanaan harus membuat rancangan jumlah kuota yang diterima oleh fakultas pelaksana.

“Sedangkan untuk kurikulum kompetensi yang dicapai itu dibuat langsung oleh prodi tempat mahasiswa peserta MBKM itu,” tuturnya.
Baca juga: Mulai 2021/2022, UMI Makassar buka kelas internasional
Baca juga: Gubernur: Sulsel butuhkan UMI Makassar kawal pembangunan
Pewarta : Abdul Kadir
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2021