Pemerintah terus mempercepat penyelesaian pembangunan Tol Semanan-Pulogebang
Jakarta (ANTARA) - Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menyebutkan progres konstruksi Jalan Tol Layang Dalam Kota Semanan-Pulogebang Seksi A ruas Kelapa Gading-Pulo Gebang mencapai 98,81 persen.

"Saat ini, untuk Seksi A Kelapa Gading-Pulo Gebang sepanjang 9,3 km, konstruksinya sudah mencapai tahap akhir penyelesaian atau dengan progres konstruksi sebesar 98,81 persen, sehingga nantinya dapat segera dioperasikan," sebut keterangan resmi BPJT, yang diterima di Jakarta, Jumat.

Pemerintah terus mempercepat penyelesaian pembangunan Tol Semanan-Pulogebang yang merupakan tahap pertama dari proyek enam ruas Jalan Tol Layang Dalam Kota Jakarta.

Jalan Tol Layang Semanan-Pulogebang dikelola PT Jakarta Tollroad Development (JTD) dan kontraktor pelaksana PT Jaya Konstruksi-PT Adhi Karya (KSO). Tol sepanjang 31,2 km dengan nilai investasi sebesar Rp2,05 triliun ini terdiri atas tiga seksi.

Seksi A yaitu Kelapa Gading-Pulo Gebang sepanjang 9,3 km, Seksi B Semanan-Grogol sepanjang 9,5 km, dan Seksi C ruas Grogol-Kelapa Gading sepanjang 12,4 km.

Untuk Seksi B dan C ditargetkan konstruksinya akan rampung pada 2024 mendatang, sehingga dapat tersambung seluruhnya dari Semanan hingga Pulo Gebang.

Enam ruas Jalan Tol Dalam Kota Jakarta sepanjang 69,77 km tersebut merupakan salah satu proyek strategis nasional sesuai Peraturan Presiden (Perpres) No 56 Tahun 2018.

Jalan tol dengan konstruksi layang ini akan terintegrasi dengan transportasi umum bus rapid transit (BRT), sehingga membantu mengurai kemacetan di dalam kota Jakarta.

Setelah tahap I rampung, dilanjutkan tahap II yang meliputi ruas Duri Pulo-Kampung Melayu dan Kampung Melayu-Kemayoran, serta tahap III yakni ruas Ulujami-Tanah Abang dan Tanjung Barat-Kasablanka.

Baca juga: Konstruksi proyek tol Semanan-Sunter dimulai Januari 2022
Baca juga: PUPR tawarkan proyek Tol Layang Cikunir-Karawaci kuartal III 2021
Baca juga: Jasa Marga: Pembebasan lahan Tol Japek II Selatan capai 86,62 persen

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2021