Badung (ANTARA) - Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) I Gusti Ngurah Rai, Bali, terus menggencarkan program Serbuan Vaksinasi COVID-19 kepada masyarakat.

"Sampai dengan kemarin, Lanud I Gusti Ngurah Rai telah melaksanakan pemberian vaksin COVID-19 kepada sekitar 2.300 orang," ujar Komandan Lanud (Danlanud) I Gusti Ngurah Rai, Kolonel Pnb Reza R.R. Sastranegara di Lanud I Gusti Ngurah Rai, Kabupaten Badung, Bali, Kamis.

Danlanud Reza Sastranegara mengatakan, Lanud I Gusti Ngurah Rai secara penuh mendukung program pemerintah dalam penanganan COVID-19 khususnya melalui program Serbuan Vaksinasi kepada masyarakat untuk mewujudkan herd immunity atau kekebalan kelompok.

"Oleh karena itu, masyarakat perlu diberikan edukasi bahwa vaksinasi COVID-19 ini sangat penting agar kita semua dapat mencapai kekebalan kelompok sebagai upaya untuk mewujudkan Indonesia terbebas dari pandemi COVID-19,” katanya.

Reza Sastranegara menjelaskan, berdasarkan data pelaksanaan vaksinasi COVID-19 yang dilaksanakan Rabu (14/7/2021), tercatat sebanyak 300 orang masyarakat telah menerima menerima dosis vaksin COVID-19 jenis AstraZeneca pada kelompok usia dewasa dan 30 orang kelompok usia 12-17 tahun yang menerima dosis vaksin Sinovac.

Baca juga: Menko Marves apresiasi penanganan pandemi COVID-19 di Badung
Baca juga: Polres Badung adakan penyekatan PPKM Darurat di Terminal Mengwi


Menurut Reza Sastranegara, kegiatan vaksinasi COVID-19 itu masih akan berlangsung hingga 20 Juli 2021 mendatang dengan melibatkan 10 orang vaksinator dari kesehatan Lanud I Gusti Ngurah Rai, ditambah 11 orang vaksinator dari Resimen Mahasiswa Ukracena Universitas Udayana, Bali.

“Jadi ada 21 vaksinator baik dari internal Lanud I Gusti Ngurah Rai maupun dari Resimen Mahasiswa Ukracena, Universitas Udayana yang setiap harinya membantu proses vaksinasi COVID-19 di Lanud I Gustu Ngurah Rai," ungkap Reza Sastranegara.

Ia berharap, tenaga vaksinator yang tekah disiapkan itu tersebut dapat memenuhi animo masyarakat untuk menerima vaksin COVID-19 yang sejauh ini terpantau cukup tinggi di wilayah Bali.

"Tingginya kesadaran masyarakat akan pentingnya vaksin COVID-19 ini terlihat dari antrean masyarakat yang akan menjalani vaksinasi. Kami berharap layanan yang kami berikan termasuk tenaga vaksinator yang kami siapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat," ujar Danlanud Reza Sastranegara.

Baca juga: Pemkab Badung pastikan ketersediaan oksigen di RSD Mangusada aman
Baca juga: Badung lakukan pengawasan untuk pastikan pelaksanaan PPKM Darurat

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2021