Antusias masyarakat tinggi. Kita berharap vaksin tidak putus mumpung masyarakat sudah mau divaksin
Mukomuko, Bengkulu (ANTARA) - Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, menyebutkan sebanyak 2.981 orang warga yang sudah menerima penyuntikan vaksin COVID-19 secara lengkap, yaitu dosis I dan II.

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Mukomuko, Bustam Bustomo dalam keterangannya di Mukomuko, Rabu menyebutkan 2.981 warga yang sudah menerima vaksinasi secara lengkap terdiri atas 1.133 tenaga kesehatan, 1.676 petugas pelayanan publik, dan 172 warga lanjut usia (lansia).

Baca juga: Terminal Pulogebang gelar vaksinasi COVID-19 pada 17-18 Juli 2021

Sebanyak 1.676 petugas pelayanan publik yang telah selesai menerima vaksinasi secara lengkap terdiri atas personel Kodim, Polres, Brimob, Kejaksaan Negeri, Pengadilan Negeri, KPPN, Pengadilan Agama, wartawan, BPJS, pegawai pemerintah, BRI, dan aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan pemkab setempat dan masyarakat umum.

Ia mengatakan, saat ini ada 13.619 orang warga yang telah menerima penyuntikan vaksinasi COVID-19 tahap I yang terdiri atas 1.330 tenaga kesehatan, 11.124 petugas pelayanan publik, dan 1.165 lansia.

Baca juga: Ambulans vaksinasi "dari pintu ke pintu" di Jatim mulai dioperasikan

Hingga Rabu masih ada 10.638 tenaga kesehatan, petugas pelayanan publik, dan lansia yang telah menerima vaksin COVID-19 dosis I tetapi belum menerima vaksin dosis II karena ada beberapa yang di antaranya belum sampai masanya dan kondisi kesehatannya belum memungkinkan.

“Ada warga yang belum menjalani vaksinasi COVID-19 dosis II karena kondisi kesehatannya belum memungkinkan dan ada warga yang belum masanya menerima vaksin COVID-19 dosis II,” ujarnya.

Baca juga: BIN gelar pelayanan vaksinasi COVID-19 dari rumah ke rumah di Medan

Ia menyatakan penyuntikan vaksin COVID-19 dosis I dan dosis II bagi tenaga kesehatan, petugas pelayanan publik, dan lansia akan tetap berlanjut sesuai dengan jumlah sasaran.

Saat ini tenaga kesehatan, petugas pelayanan publik, dan lansia tersebut masih menunggu kondisi kesehatan warga setempat pulih untuk menerima penyuntikan vaksin COVID-19 secara lengkap, yakni dosis I dan dosis II.

Sementara itu, masyarakat di daerah yang berada sejauh 270 kilometer sebelah utara Kota Bengkulu antusias mengikuti vaksinasi massal di 17 Puskesmas, RSUD dan Polres sejak beberapa hari terakhir.

“Antusias masyarakat tinggi. Kita berharap vaksin tidak putus mumpung masyarakat sudah mau divaksin,” ujarnya.

Pemerintah Kabupaten Mukomuko sejak sepekan terakhir melaksanakan vaksinasi massal untuk masyarakat umum dan warga lanjut usia (lansia) di 17 Puskesmas, RSUD dan Polres, guna mencegah penyebaran COVID-19.

Pewarta: Ferri Aryanto
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2021