Setiap hari dicek oleh petugas tenaga kesehatan
Garut, Jabar (ANTARA) - Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kecamatan Banjarwangi, Kabupaten Garut, Jawa Barat, menyiapkan tenda sebagai tempat isolasi mandiri bagi pasien COVID-19 di kawasan wisata alam River Tubing, yang jauh dari pemukiman sehingga aman bagi warga.

"Biar cepat sehat, isolasi sambil rekreasi di River Tubing Leuwi Paranje, Kampung Bentar, Peundeuy, Desa Bojong, Kecamatan Banjarwangi," kata Kepala Polsek Banjarwangi Iptu Asep Saepudin melalui telepon seluler di Garut, Jumat.

Baca juga: Polda DIY siapkan selter isolasi mandiri bagi anggota Polri

Ia menuturkan tempat isolasi mandiri bagi warga yang terpapar COVID-19 itu sengaja disiapkan oleh Satgas COVID-19 tingkat desa dan kecamatan dengan lokasi yang aman, nyaman, dan jauh dari pemukiman warga.

Sementara, kata dia, tempat yang disiapkan baru tersedia delapan tenda yang diisi oleh dua orang pasien COVID-19 dengan kondisi tidak menunjukkan gejala sakit.

"Tersedia delapan tenda, saat ini sudah diisi oleh dua orang warga yang sedang isoman, kondisinya OTG," katanya.

Baca juga: Jawa Barat salurkan bantuan obat dan vitamin bagi penderita COVID-19

Ia menyampaikan pembuatan tempat isolasi mandiri di kawasan wisata alam tersebut mendapatkan dukungan dari warga setempat termasuk pasien juga bersedia menjalani isolasi di tempat tersebut.

Pasien COVID-19 yang menjalani isolasi, kata dia, mendapatkan perhatian dari petugas Satgas COVID-19 untuk menyediakan segala kebutuhannya, termasuk dipantau terus kondisi kesehatannya oleh petugas medis.

"Setiap hari dicek oleh petugas tenaga kesehatan," katanya.

Baca juga: MPR dukung rusun dan asrama haji tempat isolasi mandiri COVID-19

Ia berharap upaya masyarakat dan tim Satgas COVID-19 daerah setempat dapat membantu mempercepat menangani pasien yang terpapar wabah COVID-19 di Garut, khususnya di Banjarwangi.

Menurut dia isolasi mandiri di tempat wisata itu tersedia fasilitas tempat tidur dengan pencahayaan matahari yang cukup, berikut bisa menikmati suasana alam yang nyaman dan udara sejuk sehingga pasien merasa nyaman, tenang, dan akhirnya bisa cepat sembuh.

"Lokasinya yang terbuka dengan pencahayaan matahari langsung ini akan dapat mempercepat penyembuhan, selain itu dipasok juga kebutuhan makanannya," katanya.
 

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2021