Jakarta (ANTARA) - Pelatih Persipura Jayapura Jacksen Ferreira Tiago 'bersyukur' timnya batal tampil Piala AFC 2021 karena, menurut dia, skuadnya memang belum siap tampil di turnamen tersebut.

"Saya, dalam tanda petik, bersyukur kami tidak tampil di Piala AFC. Kami belum siap dan tidak memiliki skuad serta persiapan yang matang untuk dapat berprestasi di kompetisi AFC atau turnamen internasional lain," ujar Jacksen dalam konferensi pers virtual yang diikuti di Jakarta, Rabu.

Juru taktik asal Brazil tersebut sudah membayangkan bahwa skuadnya akan kesulitan jika bertanding di Piala AFC 2021.

Dengan minimnya persiapan dan materi pemain, berat bagi Persipura untuk bersaing dengan klub-klub berkualitas bagus dari kawasan Asia Tenggara.

"Grup kami sangat berat. Itulah kenapa, kalau pun Persipura terlibat di Piala AFC, target saya hanya memberikan pengalaman bagi pemain muda agar lebih siap tampil di Liga 1," tutur Jacksen.

Baca juga: Jacksen nilai performa Persipura belum sesuai harapan jelang Piala AFC
Baca juga: Jacksen: Piala AFC dan Liga 1 sama-sama penting untuk Persipura

Pria berusia 53 tahun itu pun menggambarkan secara ringkas soal kondisi terkini Persipura.

Tim berjuluk 'Mutiara Hitam', sampai berita ini diturunkan, baru diperkuat tiga pemain asing dari total empat slot yang diberikan.

Kemudian, Persipura pun baru-baru ini dihantam persoalan indisipliner pemain. Pemain pertama yang dicoret adalah pesepak bola belia Jose Maniagasi.

Terbaru, juga karena masalah indisipliner, dua pemain senior dan sarat pengalaman yaitu Boaz Solossa dan Yustinus Pae yang terpaksa didepak dari klub.

Baca juga: Jacksen: Pemain indispliner dicoret karena berdampak buruk bagi tim

Situasi tersebut membuat Persipura limbung dan memengaruhi semua persiapan mereka untuk Piala AFC dan Liga 1 Indonesia musim 2021-2022.

Akan tetapi, Jacksen tetap mengambil sisi positif dari absennya Persipura dari Piala AFC 2021.

"Kami jadi bisa menyusun rencana ke depan dengan lebih baik. Kebetulan Liga 1 juga ditunda. Kemungkinan besar kami akan meliburkan anak-anak dalam waktu dekat. Bisa saja selama tujuh atau 10 hari," kata Jacksen.

Dua klub Liga 1 Indonesia, Bali United dan Persipura dipastikan urung berlaga di Piala AFC 2021 setelah Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) membatalkan pelaksanaan fase grup Zona ASEAN.

Baca juga: Bali United dan Persipura urung berlaga di Piala AFC 2021

AFC meniadakan laga Zona ASEAN yang meliputi Grup G, H dan I dengan status keadaan kahar (force majeure) lantaran tidak bisa menemukan tuan rumah terpusat untuk ketiga grup tersebut seiring meningkatnya kasus COVID-19 khususnya di kawasan Asia Tenggara.

Di Piala AFC 2021, Bali United serta Persipura masing-masing menghuni Grup G dan H. Mereka sebelumnya dijadwalkan berlaga pada rentang tanggal 29 Juni sampai 6 Juli 2021.

Baca juga: PSSI pertimbangkan tawaran jadi tuan rumah fase grup Piala AFC
Baca juga: Persipura fokus hadapi playoff Piala AFC
 

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021