Jakarta (ANTARA) - Di tengah pandemi COVID-19, kegiatan digital semakin meningkat dan masyarakat terus terhubung mulai dari kegiatan bekerja, belajar, bersosialisasi, hingga belanja melalui layanan sosial media.

Sayangnya masih banyak oknum tidak bertanggung jawab memanfaatkan masifnya penggunaan media sosial dengan peretasan atau pun cara- cara lain seperti phising sehingga menyebabkan anda tidak memiliki akses lagi ke sosial media anda.

Melalui keterangan resminya Facebook Indonesia, Selasa, membagikan tips untuk memastikan anda bisa memulihkan akun Facebook, Whatsapps, hingga Instagram jika seandainya akun di ketiga media sosial anda diretas. Berikut panduannya:

Baca juga: Twitter Anna Kendrick diretas, cuitkan kata-kata ofensif Facebook

  • Laporkan kejadian tersebut melalui tautan ini: http://www.facebook.com/hacked. Isi laporan dengan alamat email dan nomor ponsel yang digunakan saat mendaftar atau membuat akun Facebook.
  • Untuk sementara waktu, Anda mungkin tidak dapat mengakses akun. Tidak perlu khawatir - pastikan Anda telah mengisi laporan dengan data-data yang benar.
  • Selama proses verifikasi data, Facebook akan meminta Anda untuk mengirimkan foto kartu identitas, seperti KTP atau SIM.
  • Facebook akan mengirimkan notifikasi melalui email apabila akun Anda telah berhasil dipulihkan.
Instagram

  • Laporkan kejadian tersebut melalui tautan ini: help.instagram.com
  • Ketika laporan Anda telah disampaikan ke Instagram, mungkin akun Anda akan terlihat hilang. Ini merupakan salah satu langkah Instagram untuk memastikan bahwa akun Anda benar dibajak.
  • Periksa email yang digunakan untuk membuat akun secara berkala. Instagram akan mengirimkan email yang meminta pengguna untuk mengisi formulir dan menyertakan data diri, seperti foto atau KTP.
  • Proses verifikasi umumnya membutuhkan waktu 4 - 7 hari. Instagram akan memberikan konfirmasi melalui email jika akun sudah pulih.
WhatsApp

  • Segera lakukan verifikasi dengan masuk ke aplikasi WhatsApp dan masukkan nomor ponsel yang terdaftar. Selengkapnya mengenai cara verifikasi nomor dapat dilihat di sini: http://faq.whatsapp.com/android/verification/verifiying-your-number
  • Setelah verifikasi, Anda akan menerima kode 6 angka via SMS. Masukkan kode tersebut ke aplikasi WhatsApp.
  • WhatsApp biasanya akan meminta kode Autentikasi Dua Langkah. Namun jika pengguna belum mengaktifkannya, akses kembali ke WhatsApp akan diterima 7 hari setelah proses verifikasi nomor.
Panduan lengkap seputar menjaga keamanan dan privasi di ranah online dapat dilihat pada buku Panduan Konsumen ‘Anti-Ribet’, hasil kolaborasi Facebook, Instagram, dan WhatsApp bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Buku ini gratis, dan dapat diunduh oleh siapapun melalui tautan 
https://indonesia.fb.com/wp-content/uploads/sites/68/2021/06/Panduan-Anti-Ribet-Facebook.pdf

Baca juga: Akun Instagram BAZNAS diretas

Baca juga: McDonald's Taiwan dan Korsel diretas

Baca juga: Kaleidoskop - Dunia maya heboh mulai pencurian data hingga video syur


Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021