Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo meninjau langsung kegiatan serbuan vaksinasi COVID-19, di Wisma Aldiron, Pancoran, Jakarta Selatan, Senin.

Dalam peninjauan itu, Kasau berpesan kepada tenaga kesehatan untuk selalu menjaga kesehatan dan mematuhi protokol kesehatan dalam melaksanakan kegiatan pemberian vaksinasi.

Kasau berkomunikasi dengan salah satu peserta vaksinasi dan mengimbau untuk mengajak keluarga serta tetangga guna mengikuti vaksinasi COVID-19.

Baca juga: Panglima TNI serukan warga untuk ikuti vaksin COVID-19

"Tetap mematuhi prokes dan selalu menggunakan masker dimana pun berada," kata Kasau dalam siaran persnya.

Kasau juga melakukan peninjauan ke ruangan Medical Intensive Care Unit (MICU) dan tempat observasi untuk mengantisipasi kejadian ikutan pasca-imunisasi (KIPI).

Di tempat yang sama, Kadispenau Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah menjelaskan TNI AU melaksanakan serbuan 10 ribu vaksinasi jenis Sinovac dengan sasaran 2.000 orang setiap hari.

Vaksin itu diperuntukkan bagi masyarakat umum, khususnya di sekitar Wisma Aldiron Pancoran, Jakarta Selatan, yang rencananya akan dilaksanakan hingga 9 Juli 2021.

Baca juga: Panglima TNI tinjau vaksinasi COVID-19 di Universitas Pancasila

"TNI AU melibatkan 10 tim vaksinator dengan jumlah total 50 tenaga kesehatan gabungan dari RSAU Esnawan Antariksa, Lakespra dr. Saryanto, Lakesgilut, Kohanudnas, Koopsau I, Lanud Atang Sendjaja, dan Yonkesau," ujar Kadispenau.

Serbuan vaksinasi ini, katanya, merupakan bentuk implementasi TNI Angkatan Udara terhadap perintah Presiden Jokowi terkait program vaksinasi nasional dengan sasaran satu juta vaksin setiap hari.

Sementara itu Kadiskesau Marsma TNI Dr dr Isdwiranto Iskanto menjelaskan TNI AU melakukan vaksinasi di seluruh fasiltas kesehatan di Pangkalan TNI AU dari Sabang hingga Merauke, sehingga target pemerintah sebanyak 1 juta vaksin setiap hari akan meningkat sebanyak 2 juta vaksin per hari.

Baca juga: TNI kerahkan 400 tenaga kesehatan bantu percepatan vaksinasi Jakarta

Hadir dalam kegiatan tersebut, antara lain, Asops Kasau Marsda TNI M Khairil Lubis, Aspers Kasau Marsda TNI Elianto Susetio, Asrena Kasau Marsda TNI Purwoko Aji Prabowo, Aspotdirga Kasau Marsda TNI Kusworo, Pangkoopsau 1 Marsda TNI Tedi Rizalihadi, Kadiskesau Marsma TNI Isdwiranto, Kadispotdirgaau Marsma TNI Fajar Adriyanto, dan Kadispenau Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2021