Denpasar (ANTARA) - Gubernur Bali Wayan Koster akan mencanangkan dimulainya vaksinasi COVID-19 untuk anak-anak usia 12-17 tahun di provinsi setempat secara serentak pada 5 Juli 2021.

"Pencanangan vaksinasi COVID-19 untuk anak dipusatkan di SMAN 4 Denpasar yang diikuti secara serentak di seluruh kabupaten/kota oleh Bupati/Wali Kota," kata Sekretaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra di Denpasar, Minggu.

Selain menjadi bagian penting dalam penanggulangan pandemi, Dewa Indra mengatakan vaksinasi bagi anak usia 12 – 17 tahun ini dimaksudkan mengakselerasi rencana pembelajaran tatap muka, khususnya untuk jenjang SMP dan SMA.

Dewa Indra yang juga Ketua Harian Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Bali itu menyampaikan beberapa hal penting yang mesti diperhatikan dalam pemberian vaksinasi bagi anak usia 12-17 tahun.

Pertama, pelaksanaan vaksinasi dapat dilakukan di fasilitas pelayanan kesehatan atau di sekolah/madrasah/pesantren berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Kanwil/Kantor Kemenag setempat untuk mempermudah pendataan dan monitoring pelaksanaan.

Kedua, mekanisme skrining, pelaksanaan dan observasi sama seperti vaksinasi pada usia di atas 18 tahun. Ketiga, peserta vaksinasi harus membawa kartu keluarga atau dokumen lain yang mencantumkan NIK anak.

Keempat, pencatatan dalam aplikasi PCare vaksinasi dimasukkan dalam kelompok remaja. Hal penting lain yang harus menjadi perhatian petugas adalah vaksinasi bagi anak usia 12-17 tahun menggunakan vaksin Sinovac dengan dosis 0,5 ml sebanyak dua kali pemberian dengan jarak atau interval minimal 28 hari.

Baca juga: PPKM Darurat Jawa Bali, Mendagri beri 13 instruksi buat kepala daerah
Baca juga: Kakesdam IX Udayana : Nakes TNI siap dilibatkan vaksinasi untuk anak


Dewa Indra mengharapkan dukungan dan peran aktif seluruh elemen masyarakat untuk menyukseskan vaksinasi COVID-19 bagi anak usia 12-17 ini. Sebab, data terbaru menunjukkan bahwa kecenderungan penularan pada anak belakangan makin mengkhawatirkan.

Data hingga 29 Juni 2021 pukul 18.00 WIB mencatat lebih dari 2 juta orang di Indonesia terkonfirmasi COVID-19, dimana 10,6 persen diantaranya merupakan kasus aktif.

Dari jumlah kasus di Indonesia, hampir 260 ribu kasus terkonfirmasi merupakan anak usia 0-18 tahun. Lebih dari 108 ribu kasus berada pada rentang usia 12-17 tahun.

Tercatat pula, lebih dari 600 anak usia 0-18 tahun meninggal, 197 diantaranya berumur 12-17 tahun dengan angka Case Fatality Rate pada kelompok usia tersebut adalah 0,18 persen.

Selain dimulainya vaksinasi untuk anak usia 12-17 tahun, mulai bulan Juli pemerintah juga memberi suntikan vaksinasi tahap 3 bagi kelompok rentan dan masyarakat umum lainnya.

Baca juga: Vaksinasi remaja dilaksanakan di sekolah
Baca juga: Kemenkes validasi data sasaran vaksinasi usia 12-17 tahun

Pewarta: Ni Luh Rhismawati
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2021