Sebelum digunakan akan dilakukan penyemprotan disinfektan pada lokasi isolasi mandiri tersebut
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Utara mempersiapkan lantai dua dan tiga Balai Yos Sudarso, Kantor Wali Kota Jakarta Utara menjadi lokasi isolasi mandiri bagi pengidap COVID-19.

Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim mengatakan lokasi isolasi mandiri itu diperkirakan akan memiliki daya tampung sekitar 60 orang pasien.

"Masing-masing lantai dapat menampung minimal 30 orang, untuk totalnya dapat menampung 60 orang," kata Ali dalam pernyataannya usai memimpin rapat koordinasi bersama jajaran Pemerintah Kota Jakarta Utara di Ruang Pola Kantor Wali Kota, Jakarta Utara, Minggu (4/7).

Saat memimpin pelaksanaan rapat koordinasi tersebut, Ali meminta aparatur sipil negara Pemkot Jakarta Utara untuk menyiapkan tempat tidur, akomodasi, alur pelayanan, serta petugas yang melakukan pengawasan pada Balai Yos Sudarso yang direncanakan menjadi lokasi isolasi mandiri.

Ali juga mengajak sejumlah pihak untuk berkolaborasi, bersama-sama membantu menyediakan kebutuhan-kebutuhan yang lain, seperti kasur ataupun tabung oksigen.

Sebelum digunakan, Kepala Suku Dinas Gulkarmat Jakarta Utara Rahmat Kristiantoro mengatakan jajarannya akan melakukan penyemprotan disinfektan pada lokasi isolasi mandiri tersebut agar steril dan bersih dari virus penyebab COVID-19 maupun penyakit lainnya.

"Sebelum digunakan sebagai lokasi isolasi mandiri, kami pastikan Balai Yos Sudarso bersih terlebih dulu," kata Rahmat.
Petugas Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Utara menyemprot Balai Yos Sudarso Kantor Wali Kota Jakarta Utara yang dipersiapkan sebagai lokasi isolasi mandiri pengidap COVID-19 dengan cairan desinfektan pada Minggu (4/7/2021). (ANTARA/ HO-Kominfotik Jakarta Utara)


Rahmat mengatakan penyemprotan disinfektan di Balai Yos Sudarso akan disemprot pada Minggu menggunakan cairan Eco Enzym dari Suku Dinas Lingkungan Hidup (LH) Jakarta Utara.

Lokasi yang pertama kali disemprot dengan cairan desinfektan itu adalah pintu masuk lantai dasar, disusul dengan area lantai dua dan tiga sebagai tempat isolasi mandiri utama.

"Harapannya, para pengguna gedung ataupun warga yang sedang isolasi mandiri dapat menggunakan ruangan dan beraktivitas dengan nyaman di Balai Yos Sudarso," tuturnya.

Selain Balai Yos Sudarso, Pemerintah Kota Jakarta Utara juga berencana mempersiapkan Gedung Blok T Kantor Wali Kota Jakarta Utara sebagai lokasi isolasi mandiri bila angka penyebaran COVID-19 di Jakarta Utara terus naik.

"Kami siapkan empat lantai, yakni lantai lima, enam, tujuh dan delapan. Kami sedang melakukan perapian agar lokasi layak untuk dijadikan lokasi isolasi mandiri," kata Ali Maulana Hakim

Dalam rapat koordinasi tersebut, turut hadir Wakil Wali Kota Jakarta Utara Juaini, Pelaksana tugas Sekretaris Kota (Sekko) Jakarta Utara Suroto, Asisten Pemerintahan Sekko Jakarta Utara Abdul Khalit, Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Sekko Jakarta Utara Wawan Budi Rohman, dan Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Utara Yudi Dimyati.

Baca juga: 848 ASN dan PJLP Kantor Wali Kota Jakut sudah vaksinasi
Baca juga: Sudin KPKP membuat mina padi di Kantor Wali Kota Jakarta Utara
Baca juga: Parkir di Kantor Wali Kota Jakarta Utara gratis

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021