Jakarta (ANTARA) - Toni Kroos mengumumkan pensiun dari tim nasional Jerman setelah negaranya tersingkir dari Piala Eropa 2020.

Pengumuman tersebut disampaikan tiga hari setelah timnas Jerman dikalahkan 0-2 oleh Inggris dalam babak 16 besar Euro 2020 di Wembley.

"Saya sudah bermain untuk Jerman 106 kali. Tidak ada waktu lagi," kata Kroos dalam akun Instagram seperti dikutip Reuters, Jumat.

"Saya akan sangat berharap, dan saya dapat memberikan segalanya lagi, bahwa akan ada 109 pertandingan internasional pada akhirnya dan dapat membawa satu gelar besar ini, Piala Eropa."

Baca juga: Toni Kroos akui gol Sterling ubah jalannya laga Inggris vs Jerman

Dari 106 pertandingan, Kroos telah mencetak 17 gol dan 19 assist untuk tim nasional. Pemain Real Madrid itu merupakan bagian dari skuad Jerman yang mengalahkan Argentina pada final Piala Dunia 2014.

Kroos yang melakukan debutnya bersama Der Panser pada 2010 mengaku tidak akan ikut serta pada Piala Dunia Qatar tahun depan.

“Saya ingin fokus penuh kepada tujuan-tujuan saya bersama Real Madrid untuk beberapa tahun ke depan,” tambah dia. “Selain itu, mulai sekarang saya sengaja akan membiarkan diri saya istirahat yang belum pernah dilakukan selama sebelas tahun menjadi pemain timnas."

"Merupakan kehormatan besar bagi saya bisa mengenakan jersey ini untuk waktu yang lama. Saya melakukannya dengan bangga dan semangat.

Baca juga: Susunan pemain Swiss vs Spanyol

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2021