Lubuk Basung (ANTARA) - Satuan Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Agam, Sumatera Barat, mencatat sebanyak 59 orang warga daerah itu terkonfirmasi positif pada Jumat (2/7).

"Ke 59 warga terkonfirmasi positif itu tersebar di 10 dari 16 kecamatan di Agam," kata Ketua Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Agam, Martias Wanto di Lubukbasung, Jumat.

Ia mengatakan ke 10 kecamatan itu yang paling banyak positif di Kecamatan Lubukbasung 22 orang, disusul Kecamatan Ampekangkek 11 orang, Ampekkoto enam orang, Canduang enam orang.

Sementara Kecamatan Tilatangkamang lima orang, Banuhampu empat orang, Tanjungmutiara dua orang, Matur satu orang, Sungaipua satu orang dan Baso satu orang.

Baca juga: 42 warga Agam terkonfirmasi positif COVID-19 dan 14 sembuh

Baca juga: Sebanyak 16 warga Agam positif COVID-19


"Kecamatan Ampeknagari, Tanjungraya, Malalak, Kamangmagek, Palembayan dan Palupuh tidak ada warga yang positif hari ini," katanya.

Pada Jumat ini, 12 orang dinyatakan sembuh, sehingga total sembuh sampai hari ini menjadi 3.392 orang.

Sementara total kasus positif sampai hari ini 3.940 orang, meninggal dunia 94 orang dan melakukan isolasi 454 orang.

"Mereka melakukan isolasi di rumah sakit dan di rumah," katanya.

Martias mengimbau warga untuk tetap menerapkan protokol kesehatan COVID-19 dengan cara memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan mengurangi mobilitas.

Selain itu melakukan vaksinasi di setiap Puskesmas terdekat dan meningkatkan daya tahan tubuh. "Ini untuk mencegah penularan COVID-19, agar kasus berkurang," katanya.*

Baca juga: 676 pasien positif COVID-19 di Agam dinyatakan sembuh

Baca juga: Sebanyak 40 warga Agam positif COVID-19 dan dua sembuh

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021