... Alhamdulillah bapak-bapak, ibu-ibu sekalian telah memberikan amanah kepada saya untuk menjadi Ketua Umum Kadin Indonesia 2021-2026
Kendari (ANTARA) - Direktur Utama PT Indika Energy Tbk, Arsjad Rasjid ditetapkan sebagai Ketua Umum Kamar Dagang dan Induatri (Kadin) Indonesia periode 2021-2026 menggantikan Rosan Perkasa Roeslani.

"Alhamdulillah kita baru saja melewati proses persidangan dalam acara Munas nasional Kadin Indonesia pada tahun 2021 ini. Alhamdulillah bapak-bapak, ibu-ibu sekalian telah memberikan amanah kepada saya untuk menjadi Ketua Umum Kadin Indonesia 2021-2026," kata Arsjad di hadapan peserta Munas ke VIII Kadin di Kendari, Kamis.

Meski demikian, Arsjad menyampaikan bahwa Kadin mempunyai tantangan ke depan yakni bagaimana bersinergi bersama pemerintah dalam menangani COVID-19 dan membantu pemerintah meningkatkan perekonomian.

"Yang ingin saya katakan tantangan kita ke depan sangatlah berat apa yang telah dikatakan oleh Presiden Joko Widodo bahwa pada saat ini kita masih mempunyai tantangan yang namanya COVID-19, ini adalah suatu tantangan bagaimana kita bisa mengatasinya," ujar dia.

Arsjad menyampaikan, saat ini Kadin Indonesia telah melaksanakan program vaksinasi gotong royong yang sudah dimulai oleh kepengurusan Kadin sebelumnya periode 2015-2021 dan program itu akan dilanjutkan oleh pihaknya.

"Namun lebih lanjut lagi ke depannya kita juga bersama-sama harus melaksanakan bersama-sama program apa saja yang harus kita lakukan untuk menghadapi ekonomi Indonesia ke depan. Bagaimana kita bisa bekerjasama dengan pemerintah contohnya bagian perdagangan, industri dan investasi," kata Arsjad.

 
Ketua Umum Kadin Indonesi periode 2021-2026, Arsjad Rasjid (kanan) dan Dewan Pertimbangan Kadin Indonesia Anindya Novyan Bakrie (kiri), usai Munas ke VIII Kadin Indonesia di Kendari, Kamis (1/7/2021). (ANTARA/Harianto)


Arsjad berkomitmen akan menciptakan pengusaha baru karena pengusaha akan menciptakan lapangan pekerjaan dan mengembangkan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) hingga ke daerah-daerah termasuk akan mendorong investor agar masuk ke daerah-daerah.

"Bagaimana setiap investasi itu bisa diupayakan untuk setiap UMKM atau usaha mikro kecil dan menengah supaya bisa bersama-sama membangun dan juga mendapatkan investasi agar yang namanya roda ekonomi ini bisa berjalan," katanya.

Ia juga mengajak semua pengurus Kadin untuk bersama-sama memajukan Kadin ke depannya.

"Kepada pengurus-pengurus Kadin Indonesia yang telah berbakti 2015-2021 saya juga akan mengajak dan melihat siapa yang bisa berpartisipasi bersama untuk bisa mengurus Kadin Indonesia karena disini tidaklah bisa kita bekerja sendiri," katanya.

Baca juga: Ketua MPR apresiasi terpilihnya Arsjad Rasjid pimpin Kadin Indonesia

Baca juga: Airlangga ajak Kadin jadikan pandemi bentuk kemandirian jangka panjang

Baca juga: Ketua DPR RI: Kadin harus jadi bagian dari solusi kemajuan ekonomi RI

Baca juga: Presiden: Kunci pemulihan ekonomi adalah menekan COVID-19


 

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2021