Sao Paulo (ANTARA News) - Sebanyak sembilan perusahaan mobil China ikut berpartisipasi di pameran otomotif Sao Paulo, yang dibuka Rabu. Berbagai mobil China tersebut bersaing dengan 42 perusahaan Brazil dan asing yang menampilkan kendaraan terbaru mereka.

Sementara penampilan puncak dari Porsche, Jaguar dan Ferrari merebut perhatian pertama dari 600.000 pengunjung yang diharapkan datang di acara selama 12-hari itu.

Beberapa merek China, seperti Jac Motors, Brilliance dan Haima, tampil untuk pertama kalinya.

Pasar Brasil tumbuh dengan kuat didukung ekonomi yang `booming`
memberikan banyak akses kepada penduduk biasa untuk membeli mobil untuk pertama kalinya, dan bahkan yang kaya mampu untuk membayar model paling mahal.

Porsche, misalnya, sedang menunggu, diperkirakan mengalahkan rekor penjualan 800 mobil baru tahun ini. Ini dipersembahkan Cayenne V6 SUV, dan mobil sport pertama empat pintunya, Panamera.

Aston Martin Inggris - pembuat ikon kendaraan James Bond - memamerkan DBS V12 yang meroket dari nol sampai 100 kilometer (60 mil) per jam dalam hanya 4,3 detik.

Sepanjang tahun ini, 2,5 juta mobil telah terjual di Brazil, meningkat 8,7 persen dari periode yang sama tahun lalu, menurut asosiasi manufaktur mobil nasional Anfavea seperti dilaporkan AFP.

Kebanyakan dari mereka adalah merek AS atau merek Eropa yang dibuat di dalam negeri, sedangkan 18 persen adalah impor.
(A026/B010)
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010