Spanyol dan Kroasia seri 1-1 pada babak pertama

Spanyol dan Kroasia seri 1-1 pada babak pertama

Pemain timnas Spanyol Pablo Sarabia melakukan selebrasi setelah mencetak gol di laga 16 besar Euro 2020 melawan Kroasia di Parken Stadium, Copenhagen, Denmark. (28/6/2021) ANTARA/Pool via Reuters/Wolfgang Rattay.

Jakarta (ANTARA) - Sebuah gol bunuh diri dan sebuah gol yang juga berawal dari kesalahan penjaga gawang membuat Spanyol dan Kroasia berbagi satu gol dalam babak pertama laga 16 besar kedua negara di Stadion Parken, Kopenhagen, Senin malam ini.

Kroasia unggul lebih dulu pada menit ke-20 ketika penjaga gawang Unai Simon tak bisa mengendalikan back pass Pedri dari separuh daerah permainan sendiri. Bola agak membentur kaki sang kiper untuk kemudian masuk ke gawang sendiri.

Delapan belas menit kemudian pada menit ke-38, Pablo Sarabia menebus kesalahan kipernya dengan menciptakan gol penyama kedudukan yang juga memanfaatkan tepisan tidak sempurna kiper Kroasia Dominik Livakovic.

Baca juga: Susunan pemain Kroasia vs Spanyol: perang dua formasi sama

Teamwork dan ketekunan La Roja berbalas manis setelah diawali manuver bersana Koke, Pedri dan Sarabia ke dalam kotak penalti Kroasia.

Jose Gaya kemudian melepaskan umpan dari sudut kiri zona berbahaya berhasil dimentahkan oleh Livakovic namun bola muntah disambar Sarabia dari tembakan jarak dekat.

Sarabia juga mengawali peluang Spanyol pada menit ke-6 ketika melepaskan tendangan bebas melengkung dari luar kotak penalti dari sisi kanan. Sempat membuat bingung para bek Kroasia, bola akhirnya dibuang menjauh dari gawang

Tiga menit kemudian giliran Cesar Azpilicueta yang berusaha membuat gol untuk Spanyol, namun dijinakkan Livakovic. Pada menit ke-13 Sarabia kembali berusaha menjebol gawang Kroasia namun tendangannya dari sudut sempit tidak tepat mengarah ke gawang.

Baca juga: Preview 16 Besar Euro 2020: Spanyol vs Kroasia

Koke juga menciptakan peluang pada menit ke-16, namun berhasil dihalau kaki Livakovic.

Setelah gol bunuh diri Simon, Kroasia juga sempat mengancam gawang pada menit ke-26 lewat Mateo Kovacic yang satu menit kemudian dibalas Sarabia yang juga melenceng dari sasaran.

Sarabia kemudian menyamakan kedudukan pada menit ke-38. Setelah ini beberapa peluang gol tercipta lagi, termasuk upaya terakhir Spanyol pada babak ini yang diciptakan Alvaro Morata yang gagal memaksimalkan kiriman bola dari tendangan bebas Gaya.

Baca juga: De Bruyne, Hazard terancam absen dalam perempat final Euro 2020
Pewarta : Jafar M Sidik
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2021