Frankfurt (ANTARA News) - Produsen otomotif terbesar Eropa, Volkswagen Jerman, membukukan kenaikan penjualan 2,9 persen pada Juli menjadi 572.200 unit kendaraan di seluruh dunia, kata perusahaan itu, Jumat.

Pada periode tujuh bulan dari Januari hingga Juli, grup VW menjual lebih dari empat juta kendaraan, hal tersebut untuk pertama kalinya mereka.

"Setelah sangat berhasil enam bulan, kami turun ke sebuah awal yang baik dalam paruh kedua tahun ini," kata direktur penjualan VW Kristen Klingler dalam pernyataannya.

Meskipun demikian, ia juga menyuarakan beberapa kehati-hatian dengan menambahkan bahwa persaingan yang lebih untuk sisa tahun ini "akan menjadi sebuah tantangan, karena lingkungan operasional menjadi sulit lagi."

Jerman secara keseluruhan tercatat sebagai bintang pertumbuhan ekonomi terbesar Eropa kuartal kedua 2,2 persen pada Jumat, sebagian didukung karena ekspor otomotif yang kuat.

Itu adalah hasil terbaik triwulanan sejak negara Jerman timur dan barat disatukan pada 1990.

VW, yang juga memiliki merek Audi, Lamborghini, Porsche, dan Seat Skoda, bertujuan untuk melampaui Toyota sebagai pembuat mobil terbesar dunia pada 2018.

Bagian penting dari rencana itu adalah China yang merupakan pasar terbesar.Di Asia secara keseluruhan, VW mencatat pertumbuhan sebesar 42,3 persen menjadi 1,23 juta unit.
(A026/S004)
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010