masih banyak ditemukan pengemudi maupun penumpang tak menerapkan protokol kesehatan
Lebak (ANTARA) -
Pasien COVID-19 di Kabupaten Lebak, Banten bertambah sebanyak 101 jiwa sehingga total menjadi 4.032 jiwa, dari sehari sebelumnya.
 
"Kami minta warga agar mematuhi protokol kesehatan yakni menggunakan masker dengan benar , menjaga jarak , mencuci tangan dan menghindari kerumunan, " kata Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Lebak Firman Rahmatullah, di Lebak, Kamis

Baca juga: Sebanyak 461 anak di Lebak terpapar COVID-19
 
Penambahan kasus COVID-19 itu, karena masyarakat masih mengabaikan protokol kesehatan.
 
Selain itu juga masyarakat masih banyak ditemukan kerumunan dengan masih adanya  pesta-pesta pernikahan.
 
Untuk mengendalikan penyebaran virus corona, kata dia, pemerintah daerah memperketat pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berbasis mikro.

Baca juga: Usai libur Lebaran, positif COVID-19 di Lebak-Banten naik 322 kasus
 
Selama masa PPKM itu, petugas Satgas COVID-19 melakukan patroli yustisi masker dan mencegah terjadi kerumunan orang.
 
Mereka mendatangi tempat-tempat kegiatan ekonomi dan akivitas publik seperti terminal, stasiun, kawasan alun-alun, dan objek wisata yang berpotensi terjadinya kerumunan.
 
Komandan Lapangan Satgas PPKM Kabupaten Lebak Dian mengatakan dirinya kini memfokuskan operasi masker dengan melibatkan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) ,TNI, dan Polri.

Baca juga: Masyarakat Badui doakan Indonesia terbebas pandemi COVID-19
 
Pelaksanaan operasi masker itu, kata dia, diprioritaskan para pengendara karena masih banyak ditemukan pengemudi maupun penumpang tak menerapkan protokol kesehatan.
 
Operasi masker juga dikhususkan di zona oranye, seperti Kecamatan Cimarga, Rangkasbitung, Kalanganyar, Warunggunung, dan Cibadak.
 
Mereka petugas PPKM, kata dia, selain memberikan sanksi hukuman sosial kepada pengemudi yang tidak memakai masker juga mereka diberikan masker.
 
"Kami hari ini menindak 50 pengemudi kendaraan yang melanggar dengan tidak menggunakan masker, " katanya.
 
Berdasarkan data COVID-19 di Kabupaten Lebak sampai Rabu (23/6) tercatat 4.032 orang, 3.477 orang dinyatakan sembuh, 478 orang isolasi dan perawatan medis, serta 77 orang dilaporkan meninggal dunia.
 

Pewarta: Mansyur suryana
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021