Freeport alokasikan Rp6 miliar perbaiki Mimika Sport Complex

Freeport alokasikan Rp6 miliar perbaiki Mimika Sport Complex

Arena basket yang terdapat di Stadion Indoor Mimika Sport Complex akan digunakan untuk pertandingan basket pada PON XX Papua, 2-15 Oktober 2021. ANTARA/Evarianus Supar

Timika (ANTARA) - PT Freeport Indonesia mengalokasikan dana senilai Rp6 miliar untuk memperbaiki fasilitas Mimika Sport Complex yang akan digunakan sebagai arena pertandingan cabang olahraga atletik dan basket pada PON XX Papua, 2-15 Oktober mendatang.

Manajer External Corporate Communications PT Freeport Indonesia Kerry Yarangga di Timika, Jumat, mengatakan sejak dua bulan lalu PT Freeport melakukan perbaikan dan pembenahan beberapa fasilitas di Mimika Sport Complex sesuai saran dan masukan dari PB PON dan Tecknical Delegated.

"Pada waktu kunjungan PB PON dan Tim Tecknical Delegated ke Timika untuk melihat fasilitas Mimika Sport Complex ada beberapa catatan yang harus dilengkapi dan diperbaiki seperti penerangan, kemudian lantai di Stadion Indoor untuk arena pertandingan basket, juga beberapa area di Stadion Outdoor untuk arena pertandingan atletik sehingga disesuaikan dengan standar internasional," jelas Kerry.

Penyiapan berbagai fasilitas di Mimika Sport Complex itu, katanya, menjadi komitmen PT Freeport Indonesia dalam mendukung Pemerintah Provinsi Papua dan Pemerintah Kabupaten Mimika menjadi tuan rumah penyelenggara PON XX.

Baca juga: Menko PMK jajal lintasan atletik Mimika Sport Complex
 
Stadion terbuka atletik berstandar internasional pada Mimika Sport Complex akan digunakan untuk menghelat pertandingan atletik pada PON XX Papua, 2-15 Oktober 2021. (ANTARA/Evarianus Supar)


Selain pembenahan fasilitas di arena pertandingan, juga dilakukan pembenahan asrama atlet dan oficial yang masih berada dalam area Mimika sport Complex yang berlokasi di Kelurahan Timika Jaya SP2, depan Rumah Sakit Mitra Masyarakat (RSMM) Timika itu.

Asrama atlet pada Mimika Sport Complex beberapa waktu lalu sempat digunakan untuk karantina pasien COVID-19.

"Setelah fasilitas itu selesai digunakan untuk penanganan pasien COVID-19 maka perlu direnovasi kembali, dibersihkan dan dicat ulang sehingga semunya siap digunakan untuk mendukung kelancaran PON XX," ujar Kerry.

Semua pekerjaan perbaikan dan pembenahan fasilitas Mimika Sport Complex itu ditargetkan rampung paling lambat akhir Juli.

PON XX Papua 2-15 Oktober 2021 akan mempertandingkan sebanyak 37 cabang olahraga, sembilan diantaranya akan dipertandingkan di Timika, yaitu atletik, basket, futsal, bola tangan, judo, tarung derajat, panjat tebing, biliard, aero modeling, terbang layang, dan terjun payung.

Baca juga: Kucurkan 33 juta dolar, Freeport bangun pusat olahraga untuk PON 2020
Baca juga: PB PON targetkan pemasukan minimal Rp200 miliar dari sponsor
Baca juga: Kabupaten Jayapura segera terima Rp94,8 miliar untuk PON Papua
Pewarta : Evarianus Supar
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021