Jakarta (ANTARA) - Gol dari titik penalti yang dilesakkan Memphis Depay pada menit ke-11 untuk sementara membuat Belanda unggul 1-0 atas Austria dalam pertandingan Grup C Euro 2020 di Johan Cruyyf Arena di Amsterdam, Jumat dini hari WIB ini.

Sejak kickoff, Belanda terus menekan sampai akhir babak kedua, namun gol sudah tercipta pada menit ke-11 menyusul ganjalan dari bek David Alaba terhadap bek kanan Belanda Denzel Dumfries.

Tadinya pelanggaran ini diabaikan wasit sampai terjadi pelanggaran kedua atas pemain Belanda lainnya yang menghentikan sesaat pertandingan.

Setelah ini wasit menghentikan laga untuk mereview potensi penalti untuk Belanda lewat analisis VAR.

Setelah VAR memastikan itu penalti dan Alaba dikenai kartu kuning, Belanda kemudian menugaskan Depay untuk mengeksekusi tendangan penalti ini.

Sekalipun kiper Austria Daniel Bachman sudah benar bergerak ke arah bola, tetapi tendangan Depay terlalu kencang untuk bisa dihentikannya. Kedudukan 1-0 dan mimpi Oranye pun sepertinya mulai.

Depay, dan juga Georginio Wijnaldum, kini sudah mempersembahkan 50 gol untuk timnas Belanda.

Setelah gol ini Belanda terus merangsek ke pertahanan Austria, apalagi gelandang-gelandang mereka sulit membendung playmaker Frenkie de Jong beroperasi dan mendominasi lapangan tengah.

Baca juga: Susunan pemain Belanda vs Austria, Matthijs de Ligt main lagi
Baca juga: Depay ingin bermain di bawah Ronald Koeman, tetapi tunggu Euro selesai


Depay nyaris menggandakan kedudukan pada menit ke-24 setelah membuat bingung pertahanan Austria menyusul lemparan ke dalam. Depay berhasil mengecoh Alaba dan Aleksandar Dragovic namun tendangan voli dia melebar ke sisi gawang Austria.

Pada menit ke-35, Austria juga hampir mencetak gol ketika Hinteregger melepaskan tendangan dari luar kotak penalti namun melambung di atas gawang Marteen Stekelenburg.

Lima menit kemudian Depay kembali menyianyiakan kesempatan menggandakan kedudukan ketika meneruskan bola operan diagonal dari Wout Weghorst di dalam kotak penalti Austria.

Weghorst yang sebenarnya bisa mengeksekusi sendiri peluang itu tak egois dengan menyerahkan bola kepada Depay yang mendapatkan posisi lebih bagus. Sayang, dia malah melepaskan tendangan melambung dari gawang ketika Bachmann sudah pasti tak bisa mencegahnya.

Pada babak pertama ini Belanda melepaskan 6 percobaan gol yang salah satunya tepat sasaran, sedangkan Austria mengiriman dua upaya gol ke gawang Belanda.

Austria harus waspada karena Belanda selalu menang dalam 21 pertandingan terakhirnya jika mereka mencetak gol lebih dulu. Dalam kondisi ini Belanda sudah memasukkan 66 gol dan hanya kebobolan tujuh kali.

Baca juga: Yarmolenko inspirasi Ukraina menang 2-1 atas Makedonia Utara
Baca juga: Shevchenko akui Ukraina gugup

Baca juga: De Bruyne datang, Belgia menang

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021