Pemkab Pati sewa hotel untuk isolasi warga yang terpapar COVID-19

Pemkab Pati sewa hotel untuk isolasi warga yang terpapar COVID-19

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo didampingi Bupati Pati Haryanto meninjau Hotel Kencana yang dijadikan tempat isolasi terpusat bagi warga Pati yang terpapar COVID-19, Selasa (15/6/2021). ANTARA/HO-Humas Pemkab Pati

Pati (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pati, Jawa Tengah, menyewa hotel sebagai tempat isolasi bagi warganya yang terpapar COVID-19 dengan gejala ringan maupun tanpa gejala sebagai langkah antisipasi terjadinya lonjakan pasien di rumah sakit rujukan.

"Penggunaan hotel sebagai tempat isolasi terpusat ini merupakan yang kedua kalinya karena tahun 2020 juga menyewa Hotel Kencana sebagai tempat isolasi bagi warga yang terpapar virus corona. Saat kasusnya mereda di bulan Februari 2021 penyewaan hotelnya dihentikan," kata Bupati Pati Haryanto saat menerima kunjungan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di Pati, Selasa.

Akan tetapi, kata dia, karena kasus COVID-19 saat ini kembali melonjak, maka pemkab kembali menyewa Hotel Kencana untuk mengantisipasi melonjaknya keterisian tempat tidur atau Bed Occupancy Rate (BOR) rawat inap rumah rakit.

Pemilihan hotel, kata Haryanto, untuk memberikan kenyamanan bagi pasien corona. Dengan kapasitas 94 kamar yang nyaman tentunya bisa menjadi faktor penunjang warga yang terpapar cepat sembuh.

Baca juga: Ganjar instruksikan kepala daerah ambil sampel genome sequencing
Baca juga: Ganjar mendapati pasien tidak terlayani saat inspeksi rumah sakit


Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengapresiasi langkah Pemkab Pati yang menggandeng swasta untuk menyediakan tempat isolasi karena menjadi langkah tepat untuk penanganan COVID-19.

"Inisiatif ini merupakan langkah yang bagus. Tempatnya aman, bersih, bisa dipantau, dan nyaman bagi pasien," ungkapnya.

Gubernur berharap para kepala daerah lain bisa menggandeng berbagai pihak untuk penyediaan tempat isolasi terpusat. Hal itu dilakukan untuk mengejar BOR di rumah sakit.

Gubernur juga mengimbau agar Pemkab Pati dan Jepara untuk tetap menerapkan protokol kesehatan, terutama membatasi keramaian dan berharap masyarakat terus mendapatkan edukasi dan pemahaman bahayanya virus corona.

Usai meninjau Hotel Kencana, Gubernur melanjutkan perjalanan ke Desa Kudur Kecamatan Winong untuk memantau isolasi mandiri di desa setempat. 

Baca juga: Bertetangga dengan Kudus, BNPB: Kendalikan COVID-19 di Kabupaten Pati
Baca juga: Panglima: Pasukan TNI/Polri akan ditambah bantu PPKM Mikro di Pati
Baca juga: Cegah COVID-19, objek wisata religi dan alam di Pati-Jateng ditutup

 
Pewarta : Akhmad Nazaruddin
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021