Sandiaga minta birokrasi Kemenparekraf dinamis

Sandiaga minta birokrasi Kemenparekraf dinamis

Pelantikan 58 pejabat eselon I hingga pejabat fungsional di lingkungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Jakarta, Selasa (15/6/2021). ANTARA/Aditya Ramadhan.

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno melantik 58 pejabat mulai eselon I hingga pejabat fungsional di lingkungan Kemenparekraf sekaligus meminta para pejabat tersebut melaksanakan birokrasi yang dinamis dan meningkatkan kinerja melalui kualitas dan loyalitas.

"Saya ucapkan selamat pada para pejabat yang dilantik. Tapi harus langsung siap untuk segera melaksanakan tugas dan fungsi untuk memajukan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dan tingkatkan kualitas, dedikasi, dan loyalitas sehingga meningkatkan kinerja Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif secara keseluruhan," kata Sandiaga dalam sambutannya pada acara pelantikan di Gedung Kemenparekraf Jakarta, Selasa.

Dari 58 orang pejabat tersebut, Sandiaga melantik satu orang pejabat eselon I yaitu Vinsensius Jemadu yang menempati posisi Deputi III Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf, sembilan pejabat administrator eselon III, 26 pejabat pengawas eselon IV, 17 pejabat fungsional, dan lima kepala divisi pada Badan Pelaksana Otorita Danau Toba.

Sandiaga Uno meminta kepada Deputi III Kemenparekraf untuk bisa segera melaksanakan inovasi, kolaborasi, dan adaptasi dalam pengembangan destinasi infrastruktur pariwisata terutama pada tiga aspek penting. Yaitu pengembangan desa wisata yang aman dari COVID-19, penyiapan proyek percontohan yang siap menerima wisatawan mancanegara, dan digitalisasi produk-produk pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Bagi para pejabat administrator dan pejabat pengawas diharapkan dapat memimpin dan mengendalikan pelaksanaan kegiatan pelayanan publik dan administrasi pemerintahan, pejabat fungsional diharapkan untuk melaksanakan tugas fungsionalnya sesuai keahlian dan keterampilan, dan bagi Kepala Divisi Otorita Danau Toba agar terus dapat melakukan pembangunan, pengembangan, dan pengelolaan pariwisata dan meningkatkan koordinasi dan sinkronisasi," kata Sandiaga.

Sandiaga Uno menekankan agar para pejabat di lingkungan Kemenparekraf harus dinamis dalam birokrasi, tidak kaku, lincah, dan bekerja secara profesional. Dia mengatakan kendati pun anggaran Kemenparekraf terbatas, namun peningkatan kinerja harus terus dilakukan dengan inovasi dan kolaborasi agar bisa memberikan pelayanan publik yang lebih baik.

Menparekraf berharap pada para pejabat yang baru dilantik untuk menyukseskan dan gerak cepat dalam program pembangunan destinasi super prioritas yaitu Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, dan Likupang.

Baca juga: Sandiaga pastikan kebijakan bagi pelaku usaha parekraf tepat sasaran
Baca juga: Menparekraf dorong pengembangan wisata sejarah di Toba
Baca juga: Menparekraf Sandiaga Uno tinjau Bali Beyond Travel and Fair 2021
Pewarta : Aditya Ramadhan
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2021