Sungai Raya, Kalbar (ANTARA News) - Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Kubu Raya Suharjo mengatakan, pihaknya telah mematenkan tiga jenis buah sebagai produk unggulan dari kabupaten itu.

"Tiga jenis buah-buahan yang sudah kita rilis sebagai hak paten dari Kubu Raya adalah buah nanas dengan nama `Queen Raya`, pisang nipah kuning dengan nama `Kepok Pontia` dan buah langsat dengan nama `Langsat Punggur`," kata Suharjo, Minggu.

Pematenan nama tiga buah unggulan Kubu Raya ini sudah didaftarkan di Hak Kekayan Intelektual (HKI), Departemen Hukum dan HAM. Bahkan hak paten ini sudah terdaftar di sana.

Ia menjelaskan, upaya pematenan produk lokal merupakan salah satu wujud pelestarian dan pengembangan potensi daerah. Upaya pematenan juga berfungsi menjaga keunikan yang berdampak pada tingginya harga dari beraneka produk tanaman lokal tersebut.

Dengan dipatenkannya tiga farian buah tersebut, Dinas Pertanian dan Peternakan Kubu Raya menyatakan akan meningkatkan produk holtikultura di Kubu Raya.

Suharjo mengatakan, 3.000 hektare lahan di Kecamatan Rasau Jaya telah disiapkan untuk pengembangan Queen Raya. Selain itu, ia juga mengatakan pihaknya merasa tertarik untuk mengembangkan pisang nipah kuning yang dipatenkan dengan nama `Kepok Pontia` karena varian ini sangat mudah di kembangkan di Kubu Raya.

Terlebih, potensi pasar pisang itu juga sangat menjanjikan, sehingga akan menguntungkan masyarakat, jika dimaksimalkan. Umumnya, pisang nipah kuning ini bisa di dapatkan di Kecamatan Rasau Jaya dan Sungai Kakap.

Dia mengakui, saat ini Kubu Raya belum bisa memenuhi permintaan pasar karena keterbatasan pisang ini sehingga untuk memenuhi kebutuhan pasar tersebut para pemasok juga mengambilnya dari Kabupaten Pontianak.

Melihat potensi itu, katanya, memuat ia terrtarik untuk mengembangkan varian ini.

"Ini sudah kita lakukan, pengembangan pisang ini juga sudah dilakukan masyarakat, khususnya pada beberapa desa di Kecamatan Sungai Kakap," tuturnya.

Demikian halnya dengan langsat punggur yang tentunya sudah di kenal luas oleh masyarakat Kalbar, bahkan Indoensia. Rasanya yang manis, tentu siapa saja sangat menyukainya.

"Makanya kita mematenkan tiga produk buah ini sebagai labelnya Kubu Raya dengan harapan bisa menjadi membuat masyarakat semakin giat untuk mengembangkan produk holtikultura lainnya guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat kita sendiri," katanya. (ANT-171/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010