Kemendagri harap DKPP jaga kode etik penyelenggara pemilu

Kemendagri harap DKPP jaga kode etik penyelenggara pemilu

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Muhammad Hudori (ANTARA/HO-Kemendagri)

Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Muhammad Hudori berharap Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) dapat meningkatkan peran dalam menjaga kode etik sekaligus kehormatan penyelenggara pemilu.

Hudori dalam keterangan pers saat syukuran HUT Ke-9 DKPP, di Jakarta, Senin, mengatakan peran tersebut penting untuk mewujudkan pemilu yang demokratis, terpercaya, dan berintegritas.

Hudori mengapresiasi berbagai prestasi yang telah dicapai DKPP, termasuk memastikan perannya tetap berjalan meski di tengah pandemi COVID-19.

Baca juga: Jimly Asshiddiqie sebut DKPP terbukti jaga pemilu berintegritas

“Saya mengapresiasi sekaligus berterima kasih kepada segenap jajaran DKPP atas semua pencapaian yang telah diraih sejak 2012 sampai dengan usia yang ke-9 tahun,” kata Hudori.

Sebagai mitra pemerintah, lanjut Hudori, Kemendagri berharap DKPP dapat eksis dan aktif dalam mewujudkan demokrasi yang bermartabat, berpihak kepada rakyat, serta bertanggung jawab. Terlebih dalam mempersiapkan Pemilu 2024.

Menurut dia, Pemilu 2024 merupakan penentu bagi masa depan Indonesia di tengah tantangan dan tuntutan global yang kian kompleks.

Baca juga: 1.873 perkara diselesaikan DKPP selama sembilan tahun

Hudori berharap dengan adanya momentum peringatan hari jadi ke-9 DKPP itu membuat lembaga ini dapat terus meningkatkan sinergitas dengan berbagai stakeholder terkait.

Dengan demikian, menurut Hudori, peran DKPP dapat semakin optimal dalam mengawal penyelenggaraan pemilu yang berintegritas dan bermartabat.

Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Muhammad menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan Kemendagri dalam menyokong operasional organisasi lembaga DKPP.  Kemendagri tak pernah sedikit pun melakukan intervensi dalam memberikan dukungan.

Baca juga: DKPP duga pasca-PSU terdapat lonjakan jumlah aduan

“Saya dan anggota DKPP berterima kasih kepada Bapak Menteri dan Sekjen Kemendagri atas dukungan selama ini kepada DKPP," ujarnya.
Pewarta : Boyke Ledy Watra
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021