Pihak perusahaan juga diminta untuk melakukan perbaikan standar operasional protokol kesehatan COVID-19 di lingkungan kerja perusahaan tersebut
Karawang, Jabar (ANTARA) - Sekitar 40 persen karyawan atau puluhan karyawan di salah satu perusahaan yang berlokasi di Kawasan Industri Mitra (KIM) Kabupaten Karawang, Jawa Barat, terpapar positif COVID-19, kata bupati setempat.

"Kami sudah berkoordinasi kepada pimpinan perusahaan terkait banyaknya karyawan yang positif," kata Bupati setempat dr Cellica Nurrachadiana, di Karawang, Sabtu.

Bupati mengaku pihaknya sudah bertemu dengan pimpinan perusahaan yang akhirnya menyepakati untuk melakukan tes usap (swab) terhadap 70 karyawan yang dinyatakan negatif setelah dilakukan rapid antigen.

Sementara 60 karyawan yang hasil tes rapid-nya positif dan sedang menjalani isolasi mandiri akan dijamin ketersediaan pangannya.

Baca juga: Dinkes: 86 perusahaan klaster industri COVID-19 di Karawang-Jabar

Baca juga: Klaster industri picu tingginya kasus COVID-19 di Karawang, sebut GTPP



Selain itu, pihak perusahaan juga diminta untuk melakukan perbaikan standar operasional protokol kesehatan COVID-19 di lingkungan kerja perusahaan tersebut.

Ia menyayangkan masih ada pihak perusahaan di daerahnya yang tidak langsung melaporkan peristiwa banyaknya karyawan, hingga 40 persen karyawan di perusahaan itu, yang terpapar positif COVID-19.

Menurut bupati penyebaran COVID-19 di lingkungan perusahaan itu akibat adanya karyawan yang mudik Lebaran, beberapa waktu lalu.

Selain itu, juga disebabkan kalau pihak perusahaan tidak menerapkan protokol kesehatan secara baik di lingkungan perusahaan, demikian Cellica Nurrachadiana.


Baca juga: Dinkes Karawang laporkan total 642 orang meninggal akibat COVID-19

Baca juga: Di tengah pandemi COVID-19, DBD di Karawang-Jabar capai 278 kasus

Baca juga: Ada klaster banjir, positif COVID-19 di Karawang tambah 400 sehari


 

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2021