ada 6 daerah yang belum memiliki RSJ yaitu Sultra, Gorontalo, Papua Barat, Sulbar, Kaltara dan Kepri
Makassar (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Mamusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan pemerintah segera membangun rumah sakit jiwa di enam daerah yang selama ini memang belum tersedia.

Muhadjir Effendy mengatakan dirinya juga telah menerima perintah Presiden Joko Widodo untuk segera merealisasikan rencana pembangunan RSJ tersebut.

Baca juga: Menko PKM: COVID-19 virus pintar, menyerang saat lengah

"Ya ini, pokoknya segera (melakukan pembangunan RSJ)," katanya saat mengunjungi Rumah Sakit Khusus Daerah (RSKD) Dadi Makassar didampingi Plt Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman di Makassar, Jumat.

Ia menjelaskan, masih ada enam daerah di Indonesia yang belum memiliki RSJ yaitu Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Papua Barat, Sulawesi Barat, Kalimantan Utara dan Kepulauan Riau.

Baca juga: Menko PMK apresiasi program prioritas Kemenag

Baca juga: Menko PMK tinjau penanganan pasien COVID-19 varian India di Cilacap


Terkait berapa anggaran yang disiapkan untuk proyek pembangunan RSJ di enam daerah tersebut, Ia belum memberikan rinciannya. Apalagi kasusnya (kondisi) di setiap daerah berbeda-beda.

"Ya belum dihitung lah, kasusnya juga berbeda. Pak Plt Gubernur Sulsel juga tadi katakan memiliki rencana untuk dipindahkan ke tempat yang lebih representatif," ujarnya.

Mengenai kelayakan RSKD Dadi yang saat ini ditempati para pasien ODGJ, ia mengaku bagus dan layak untuk dimanfaatkan.

Baca juga: Menko PMK dorong UMP dirikan pusat rehabilitasi narkoba bagi anak-anak

Baca juga: Vaksinasi COVID-19 bangunkan percaya diri relawan korban kekerasan

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021