Unej dan 23 PTS gelar penerimaan mahasiswa baru secara bersama

Unej dan 23 PTS gelar penerimaan mahasiswa baru secara bersama

Wakil Rektor I Unej Prof. Slamin saat memberikan penjelasan terkait pelaksanaan SBMPTBR 2021 di ruangannya, Rabu (9/6/2021). ANTARA/ HO - Humas Unej.

Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Universitas Jember (Unej) bersama 23 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di wilayah Besuki Raya dari Probolinggo hingga Banyuwangi, Jawa Timur sepakat menggelar penerimaan mahasiswa baru secara bersama-sama melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Besuki Raya (SBMPTBR) yang sudah berjalan sejak tahun 2015.

"Pendaftaran SBMPTBR secara daring dibuka pada 14-25 Juni 2021. Bagi Unej, jalur itu merupakan jalur mandiri dan menjadi jalur penerimaan mahasiswa baru terakhir tahun ini," kata Wakil Rektor I Unej Prof. Slamin di Kabupaten Jember, Rabu.

Menurutnya tahun ini ada 23 PTS yang tersebar di Kabupaten Probolinggo, Jember, Lumajang, Bondowoso dan Banyuwangi yang turut terlibat dan pihaknya sepakat melanjutkan pelaksanaan SBMPTBR karena terbukti mampu memberikan manfaat bagi masyarakat, khususnya bagi calon mahasiswa.

"Dalam sekali ujian bisa memilih program studi di Universitas Jember dan PTS lainnya, sehingga dengan ikut SBMPTBR maka tentunya ada efisiensi waktu dan biaya, apalagi masih berada di masa pandemi COVID-19," tuturnya.

Ia menjelaskan pelaksanaannya sedikit berbeda dengan mekanisme seleksi tahun lalu karena panitia SBMPTBR 2021 memberikan pilihan bagi peserta untuk mendaftarkan diri dengan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK SBMPTN) 2021, atau mengikuti UTBK SBMPTBR yang akan diadakan di Kampus Unej.

Baca juga: Ratusan mahasiswa FISIP Unej bisa ikuti mata kuliah di PTN lain

Baca juga: Universitas Jember berencana buka Program Studi Magister HAM


"Saran saya, bagi calon peserta yang sudah memiliki nilai UTBK SBMPTN 2021 maka gunakan nilai tersebut, sehingga tidak perlu datang ke Kampus Unej untuk ujian, terlebih lagi peserta dari luar Jember karena bobot nilai UTBK SBMPTN dengan UTBK SBMPTBR sama," katanya.

Sementara Wakil Koordinator Kehumasan Unej Rokhmad Hidayanto mengatakan panitia SBMPTBR 2021 telah menjadwalkan UTBK SBMPTBR digelar di Kampus Unej pada 5 - 11 Juli 2021 dan panitia hanya menggelar satu kali sesi ujian per harinya dengan menyediakan 575 komputer yang tersebar di sepuluh lokasi ujian.

"Peserta yang mengikuti UTBK SBMPTBR wajib mematuhi protokol kesehatan yakni memakai masker, membawa penyanitasi tangan dan jangan lupa membawa surat keterangan dari RT dan RW yang menyatakan kondisi status daerahnya, apakah masuk zona merah, kuning atau hijau," katanya.

Tahun lalu ada 4.807 peserta yang mengikuti UTBK SBMPTBR dan informasi lengkap mengenai SBMPTBR 2021 dapat dilihat di laman sbmptbr.unej.ac.id dan di laman PTS peserta SBMPTBR 2021.

"Jika ada kesulitan bisa menghubungi kami di Humas Universitas Jember melalui telepon atau media sosial kami," ujarnya.

Baca juga: Daftar jalur mandiri Unej gunakan nomor ponsel

Baca juga: Fakultas Kedokteran pilihan favorit SNMPTN Universitas Jember
Pewarta : Zumrotun Solichah
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2021