Philadelphia (ANTARA News) - Makeda Jahnesta Marley, putri bintang reggae legendaris Bob Marley mengaku bersalah karena menanam marijuana di rumahnya.

Putri bungsu berusia 29 tahun itu tertangkap tangan mempunyai tanaman marijuana dalam jumlah besar di dalam rumahnya, di Philadelphia, Pennsylvania.

Ia ditahan sejak 2008 setelah polisi setempat mendapat laporan dari warga bahwa Makeda tengah memindahkan tanaman-tanaman ganja itu dari basement.

Bob Marley sendiri diidentikkan dengan simbol marijuana, bahkan mengatakan bahwa tanaman itu membawa pencerahan spiritual baginya.

Jaksa pengadilan West Chester setuju untuk menjatuhkan hukuman penjara setahun atas pengakuan bersalah Makeda. Barang bukti sebanyak 12 buah tanaman ganja itu turut disita dalam penangkapan Makeda, sebagaimana dikutip dari laman dailymail.co.uk.

Makeda adalah putri Bob dengan Yvette Crichton. Menurut Makeda, ia tidak mendapat kepercayaan untuk memegang dana perwalian dari mendiang ayahnya. Di persidangan awal,

Makeda menyebutkan dirinya bekerja sebagai seorang pelayan restoran. Wanita kelahiran Florida ini lahir tiga minggu setelah ayahnya meninggal akibat kanker pada usia 36 tahun.

Bob mewariskan sebuah properti senilai 20 juta dolar AS dan selama 30 tahun setelah kematiannya. Sang bintang mampu mengumpulkan 5 juta dolar AS per tahunnya  dari hak cipta album rekaman dan merchandise yang berhubungan dengannya.

Hukuman itu akan berlangsung pada bulan Oktober. Namun jaksa mengatakan mereka mengharapkan Makeda menjalani hukuman percobaan terlebih dahulu.
(m-ela/A024)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010