BPBD Cianjur lakukan pemetaan Sesar Cimandiri bersama Pemprov Jabar

BPBD Cianjur lakukan pemetaan Sesar Cimandiri bersama Pemprov Jabar

Sekretaris BPBD Cianjur, Jawa Barat, Irfan Sopyan (ANTARA/Ahmad Fikri)

Cianjur (ANTARA) - BPBD Cianjur, Jawa Barat, segera melakukan pemetaan bersama Pemprov Jabar dan pusat terkait gempa bumi yang sempat membuat panik warga Cianjur, akibat pergeseran lempengan Sesar Mandiri yang masuk ke wilayah Cianjur.

"Gempa bumi berkekuatan 3.0 magnitudo mengguncang Cianjur (5/6) akibat lempengan Sesar Cimandiri yang berpusat di wilayah Cianjur Kota. Sehingga harus secepatnya menyelesaikan pemetaan jalur," kata Sekretaris BPBD Cianjur, Irfan Sopyan di Cianjur Senin.

Pihaknya mencatat tidak ada kerusakan yang terjadi akibat gempa bumi yang sempat membuat panik warga menjelang malam di sebagian besar wilayah Cianjur itu. Namun warga diimbau tetap waspada dan jeli membaca tanda alam.

Ia mengimbau agar warga agar tidak panik karena empat kecamatan di Cianjur, masuk dalam wilayah yang dilalui Sesar Cimandiri atau patahan geser aktif yang terletak di bagian barat dari Provinsi Jawa Barat, sehingga rawan terjadi gempa.

Baca juga: BPBD berkoordinasi dengan pemprov terkait pemetaan Sesar Cimandiri

Baca juga: Warga Cianjur berhamburan keluar rumah diguncang gempa bumi


Sesar Cimandiri membentang mulai dari muara Sungai Cimandiri di Pelabuhan Ratu-Sukabumi, mengarah ke timur laut melewati Cianjur, Bandung Barat, Subang dan mengalami pertemuan dengan Sesar Lembang di wilayah Padalarang dan Sesar Baribis di Subang.

"Sebagai sesar aktif, Sesar Cimandiri bergerak dengan kecepatan geser 4-6 mm per tahun, empat kecamatan di Cianjur masuk ke dalam lintasannya seperti Kecamatan Campaka, Cibeber, Sukaluyu dan Haurwangi.

Saat ini, ungkap Irfan pihaknya bersama Provinsi Jabar masih melakukan pemetaan jalur Sesar Cimandiri yang diharapkan dapat selesai dalam waktu dekat berkoordinasi dengan BMKG dan pusat vulkanologi.

"Kami mengimbau warga Cianjur, tidak panik dan lebih meningkatkan kewaspadaan. Setelah pemetaan selesai dilakukan, kami langsung sosialisasikan pada semua pihak desa yang masuk dalam jalur Sesar Cimandiri," katanya.

Baca juga: Penerima terbanyak Jabar, BMKG bantu 16 alat deteksi gempa di Cianjur

Baca juga: Berhamburan, gempa Sukabumi membuat panik warga Cianjur
Pewarta : Ahmad Fikri
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2021