Jakarta (ANTARA) - Pendiri Komunitas Sahabat Nusantara Ida Adviany mengatakan peringatan Hari Lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni merupakan momentum untuk penguatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Semua generasi wajib untuk mengenang bagaimana para pejuang yang mempertahankan Indonesia dengan membuat dasar negara, yakni Pancasila," kata Ida dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Ida menjelaskan Komunitas Sahabat Nusantara mengusung semangat dan tekad untuk menjaga keutuhan Pancasila dengan menjalin silaturahim dan saling memberikan motivasi untuk sesama anggota.

Baca juga: Ketua DPD ajak Hari Lahir Pancasila momentum bersatu, jaga kerukunan

Ida mengatakan anggota komunitas memperingati Hari Lahir Pancasila dengan sejumlah kegiatan sosial. Puncaknya kegiatan, yakni halalbihalal dengan tema menyalakan semangat di tengah pandemi COVID-19. Dalam kegiatan itu, para anggota komunitas menyanyikan lagu ebangsaan Indonesia Raya, pembacaan teks Pancasila, dan puisi kebangsaan.

Ida mengatakan komunitas ini terbentuk dari aktivitas di media sosial untuk para individu yang memiliki visi dan misi mempertahankan NKRI yang utuh, kaya akan budaya dari berbagai suku, agama, dan ras.

Saat ini tercatat 52 orang menjadi anggota komunitas sejak terbentuk 27 Maret 2021. Anggota komunitas tersebar di seluruh wilayah Indonesia dan warga negara Indonesia di luar negeri. Anggota komunitas dari berbagai profesi dengan rentang usia 24 tahun hingga 60 tahun.

"Kami saling berkonunikasi di media sosial dengan berbagai topik, apa yang sedang terjadi di Indonesia, karena mereka yang berada di luar negeri membutuhkan informasi dan perkembangan di Indonesia," jelas Ida.

Baca juga: Ketum Hipmi: Pandemi dilewati pengusaha tangguh bernilaikan Pancasila

Ida menegaskan di tengah Pandemi COVID-19, anggota komunitas terus menyuarakan anjuran pemerintah agar tetap berkarya dengan menjaga protokol kesehatan ketat.

"Jika bangsa Indonesia sehat, maka ekonomi pun kuat," ujar Ida.

Ida berharap komunitas ini terus berkarya dengan program-program yang mendidik dan mencerahkan masyarakat sebagaimana layaknya hidup dengan berbagai perbedaan di Indonesia.

Salah seorang anggota komunitas RA Oriza Sativa bersyukur telah bergabung dengan orang-orang yang memiliki tujuan untuk mempertahankan Pancasila dan menguatkan NKRI.

Baca juga: Hari Pancasila, Erika Richardo harap masyarakat cintai karya lokal

"Di tengah pandemi, seluruh anggota komunitas saling menguatkan dan memotivasi agar terus berkarya," kata Oriza yang juga berprofesi sebagai psikolog.

Oriza berharap akan semakin banyak anggota komunitas dengan visi menguatkan Pancasila dan NKRI.

Pewarta: Fauzi
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2021